Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Posted by shinobi apuy on Wednesday, July 15, 2015

Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil
Mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil, merupakan hal yang wajar dan umum terjadi. Karena itulah, wanita yang sedang hamil seringkali disarankan untuk mengkonsumsi makanan Ibu hamil dalam porsi yang sedikit namun sering. Dengan cara ini, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh calon ibu akan tetap terpenuhi. Selain itu, pemilihan jenis makanan juga sangatlah penting untuk diperhatikan. Umumnya, pada wanita yang mengalami mual dan muntah pada proses kehamilan ini lebih sensitif terhadap beberapa jenis makanan. Bahkan, ada beberapa yang merasa mual ketika melihat suatu jenis makanan yang merupakan makanan kesukaannya saat belum hamil.

Untuk mengatasi masalah mual dan muntah ini, calon ibu dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6. Vitamin B6 ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa mual. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung vitamin B6 yaitu jamur, hati, kentang, gandum, kacang-kacangan, dan berbagai jenis makanan lainnya. Namun, meskipun makanan yang mengandung Vitamin B6 baik untuk mengurangi rasa mual, namun perlu diingat bahwa ibu hamil juga membutuhkan nutrisi yang lain. Karena itulah, calon ibu juga harus lebih memperhatikan kandungan gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsinya. Sebaiknya, ibu mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung gizi yang seimbang.

Disela waktu mengkonsumsi makanan utama, calon ibu juga bisa mengkonsumsi berbagai camilan sehat. Camilan ini bisa juga dikonsumsi saat bangun pagi, atau ketika sedang bersantai. Hal ini bermanfaat agar perut selalu terisi dan tidak pernah kosong. Selain makanan yang mengandung Vitamin B6 dan gizi yang seimbang, calon ibu juga dapat mengkonsumsi susu ibu hamil. Susu ini biasanya mengandung formula yang di khususkan  untuk mengatasi masalah mual pada  ibu hamil, dan juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan calon ibu dan janin dalam kandungan.

Rasa mual dan muntah dalam kondisi normal, akan mulai berkurang ketika kandungan sudah memasuki usia 12 atau 16 minggu (tergantung kondisi calon ibu). Namun, jika rasa mual dan muntah yang dirasakan sangat berlebihan hingga mengganggu aktifitas, akan lebih baik jika calon ibu segera memeriksakan kandungannya ke dokter kandungan. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak lebih serius jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat. (Yv)
More aboutMengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Menelusuri Sejarah di Marylebone

Posted by shinobi apuy on Friday, July 10, 2015

Kota Marylebone, Inggris
Marylebone, nama ini mungkin sedikit asing untuk kalian. Tetapi, apakah kalian mengenal Baker Street, Hyde Park, atau Harley Street yang merupakan beberapa pusat medis terkenal di dunia mulai dari bedah plastik hingga spesialis kanker ? Seluruh tempat ini memiliki satu kesamaan, yaitu ketiganya terletak di Marylebone.

Marylebone sendiri adalah suatu daerah di tengah kota London, bagian dari borough Westminster. Nama Marylebone sendiri diambil dari gereja yang di dedikasikan untuk St. Mary, yang sekarang diwakili oleh St. Marylebone Parish Church. Sekarang, Marylebone dibatasi antara lain oleh Soho yang seringkali dikenal sebagai daerah London yang trendy, Paddington yang terkenal dengan Paddington Station dan tokoh kartun Paddington Bear, dan Hyde Park, taman yang sering menjadi venue konser band-band rock seperti Queen, Rolling Stones, dan Blur.

Di dalam Marylebone sendiri, terdapat banyak sekali lokasi yang tidak asing bagi para pecinta buku, film, maupun televisi. Baker Street yang merupakan tempat tinggal detektif tersohor dari karya Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes, terletak di Marylebone. Di sini juga terdapat museum yang di dedikasikan untuk Sherlock Holmes. Sir Arthur Conan Doyle juga sempat membuka praktik dokter mata di Wimpole Street, pada tahun 1981. Pematung lilin terkenal, Marie Tussaud juga mendirikan museum Madame Tussaud’s pertama di daerah Marylebone. Bagi fans televisi Inggris Raya, markas perusahaan televisi pemerintah Inggris, BBC, juga terletak di gedung bernama Broadcasting House yang berada di daerah ini. Harley Street yang sangat terkenal sebagai salah satu pusat medis dunia juga merupakan salah satu jalan besar di daerah Marylebone.

Selain tempat-tempat terkenal dan bersejarah tersebut, Marylebone juga menjadi tempat tinggal beberapa tokoh terkenal baik dari masa lalu hingga masa kini. Charles Dickens, T.S. Eliot, H. G. Wells termasuk di antara penulis-penulis yang tinggal di Marylebone. Tiga dari empat anggota Beatles yaitu John Lennon, Paul McCartney, dan Ringo Starr juga adalah warga Marylebone. Selain mereka, ada juga musisi-musisi seperti Jimi Hendrix, Madonna, dan Cat Stevens, juga presenter Top Gear Richard Hammond yang tinggal di Marylebone. Melihat dari betapa bersejarahnya daerah ini, akan sangat rugi sekali jika kita tidak sempat mendatangi daerah ini saat berkunjung ke Inggris. (Dana)
More aboutMenelusuri Sejarah di Marylebone

Apakah itu Biopic?

Posted by shinobi apuy on Monday, July 6, 2015

Biopic, atau biographical film adalah salah genre film yang menampilkan kehidupan atau beberapa kejadian dari kehidupan seseorang. Biasanya, biopic menggambarkan kehidupan subjek dari biopik tersebut dan menggunakan nama asli orang tersebut. Banyak film biopic yang menjadi hits di kalangan pecinta film, seperti Lincoln yang dibintangi Daniel Day-Lewis, The Social Network yang dibintangi Jesse Eisenberg, dan The Elephant Man yang dibintangi John Hurt. Indonesia sendiri memiliki beberapa biopic mengenai tokoh-tokoh penting di dalam sejarah Indonesia seperti film Habibie & Ainun yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari dan Sang Pencerah yang dibintangi Lukman Sardi.

Film Biopic Indonesia

Karena subjek biopic adalah orang yang watak dan tindakannya sudah diketahui publik, peran di biopic biasanya sangat diperhatikan oleh publik. Aktor besar seperti Johnny Depp, Jim Carrey, dan Jamie Foxx mendapatkan respek yang sangat besar sebagai aktor dramatis setelah perannya di dalam biopik yang mereka bintangi masing-masing. Ada juga film yang disebut sebagai auto biopic, di mana subjek biopic tersebut berperan sebagai dirinya sendiri di dalam filmnya. Beberapa contoh auto biopic adalah petinju legendaris Muhammad Ali di film The Greatest, pemain bisbol Jackie Robinson di film The Jackie Robinson Story, dan bintang radio Howard Stern di film Private Parts.

Beberapa biopic sengaja menambahkan elemen-elemen yang sudah diketahui tidak benar, tetapi tetap ada untuk membuat filmnya lebih menarik, seperti biopic penulis Franz Kafka yang mengikutsertakan aspek-aspek surreal yang sering ditemui di karya-karyanya. 

Sifat biopic yang mengangkat kejadian asli orang terkenal juga kadang menjadi sumber kontroversi. Film The Doors besutan Oliver Stone dikritik karena kemiripan antara Val Kilmer dan frontman The Doors Jim Morrison, tetapi penggemar The Doors dan anggota bandnya sendiri tidak menyukai filmnya karena penggambaran Morrison oleh Stone dan beberapa adegan yang seluruhnya fiksional. Casting untuk biopic yang butuh keseimbangan antara kemampuan akting dan kemiripan dengan subjek biopic juga kadang membuat kontroversi, seperti casting John Wayne sebagai panglima perang Mongol Genghis Khan di film The Conqueror, dan Anthony Hopkins yang merasa ia tidak pantas untuk memerankan Richard Nixon di film Nixon karena dia tidak mirip dengan Richard Nixon.

Walaupun kadang kontroversial, film biopic tetap sangat populer di kalangan pecinta film, dan tetap menjadi langganan di berbagai acara penghargaan film. (Dana)
More aboutApakah itu Biopic?