Sistem Dasar Pembiayaan Perdagangan Internasional

Sistem Dasar Pembiayaan Perdagangan Internasional

Posted by shinobi apuy on Friday, May 10, 2013


Pembiayaan Perdagangan
Perdagangan internasional dengan pembiayaan perdagangan mempunyai hubungan yang sangat erat, karena pada umumnya setiap transaksi perdagangan akan diakhiri dengan pembiayaan atau pembayaran. Perdagangan internasional merupakan  sebuah sistem perdagangan yang dilakukan dengan adanya transaksi penduduk suatu negara dengan negara lain baik itu menyangkut kepentingan pribadi atau pun kepentingan atas nama negara. Di negara-negara maju banyak yang sudah menerapkan sistem perdagangan internasional, karena mampu meningkatkan pendapat pendapatan domestik suatu negara. Perdagangan internasional dengan pembiayaan perdagangan ini mampu mendorong kemajuan di bidang industrilisasi seperti kemajuan dalam bidang transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan-perusahaan multinasional.

Perdagangan internasional dengan pembiayaan perdagangan nya juga berhubungan dengan kegiatan ekspor dan impor dalam hal pengiriman barang yang telah disepakati dalam sebuah transaksi perdagangan internasional tersebut. Dalam perdagangan internasional mempunyai metode atau sistem pembiayaan perdagangan untuk menyelesaikan sebuah transaksi perdagangan internasional. Adapun metode atau sistem dasar pembiayaan perdagangan internasional antara lain :
  • Cash in advance. Pembayaran atau pembiayaan perdagangan internasional yang dilakukan dengan sistem transfer dengan melalui kawat internasional ke rekening bank eksportir atau bank draft. Namun sekarang setiap bank umum yang ada di Indonesia bisa melakukan transfer ke bank luar negeri dengan mudah, akan tetapi uang yang akan ditransfer harus mengikuti mata uang dari penerima transfer tersebut.
  • Open account. Transaksi pembiayaan perdagangan internasional dengan sistem pembayaran kemudian, pihak eksportir mengirimkan barang terlebih dahulu dan pembeli akan melakukan pembayaran sesuai dengan syarat yang disetujui berdasarkan kesepatan bersama pada saat transkasi. Sistem pembiayaan perdagangan ini dilakukan setelah barang telah diterima oleh pembeli dengan tidak ada cacat di dalamnya.
  • Private compensation. Cara pembiayaan perdagangan dengan sistem pembayaran yang berhubungan dengan masalah hutang piutang. Metode pembiayaan perdagangan ini dengan  mengalihkan dalam mendapat penyelesaian utang piutang pada seseorang penduduk dalam suatu negara di mana penduduk itu tinggal.
  • Letter of credit. Cara pembiayaan perdagangan dengan menggunakan alat sebagai instrumen yang berupa surat . Letter of credit ini diterbitkan oleh sebuah bank dengan menggunakan nama importer atau pembeli yang berjanji untuk membayar eksportir setelah dokumen-dokumen disajikan eksportir sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam L/C.
  • Draft commercial bill of exchange. Metode pembiayaan perdagangan ini bisa disamakan fungsinya dengan wesel. Metode pembiayaan perdagangan ini merupakan salah satu cara yang merupakan sebuah janji yang tidak bersyarat apa pun yang ditarik oleh satu pihak dalam transaksi perdagangan internasional. Pihak yang membuat perjanjian yang tidak bersyarat ini biasanya para eksportir yang langsung meminta para pembeli untuk melakukan pembayaran dengan cara mengirimkan wesel atau face amount.
  • Consignment/ konsinyasi. Cara pembiayaan perdagangan internasional yang mengharuskan para eksportir tersebut mengirimkan barang kepada importir setelah melakukan transaksi perdagangan internasional. Akan tetapi, para eksportir tersebut tetap memegang hak kepemilikan atas barang yang dikirimkan tersebut jika pembeli tidak melakukan pembayaran, maka barang tersebut akan dikembalikan.
Semoga berguna, apuy


{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

boleh tau sumbernya dari mana?

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...