Perawatan Sederhana Untuk Layar Touchscreen

Perawatan Sederhana Untuk Layar Touchscreen

Posted by shinobi apuy on Tuesday, March 11, 2014

Perawatan Sederhana Untuk Layar Touchscreen
Menggunakan casing handphone khususnya jenis flip case banyak digunakan pemilik handphone untuk melindungi layar touchscreen. Pakai casing handphone tersebut merupakan salah satu cara dalam merawat handphone khususnya handphone pintar smartphone yang operasionalnya menggunakan layar touchscreen atau layar sentuh.

Layar Touchscreen Bukan Hanya di Handphone Saja

Layar touchscreen sendiri kini menjadi sebuh trend, di mana semua produk dan merk handphone atau smartphone sudah menggunakan layar sentuh sebagai operasional utamanya. Tidak hanya pada handphone atau smartphone, layar sentuh ini juga digunakan di berbagai perangkat elektronik lainnya seperti tablet, televisi, kamera digital, dan lain-lain.

Cara Perawatan Layar Touchscreen

Dibalik nilai positif yang dihadirkan oleh layar sentuh ini, tentu dalam menggunakan touchscreen juga memerlukan perawatan extra dan perlu untuk diperhatikan.  Kenapa harus extra ? Ini lebih untuk menjaga ketahanan layar touchscreen tersebut agar tidak mudah dan cepat rusak. Sudah tau donk, jika mengganti touchscreen rusak maka biaya yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit. Apa saja Perawatan Sederhana Untuk Layar Touchscreen Berikut ini beberapa tips dan trik dalam merawat layar sentuh atau touchscreen :
  • Hindari kontak langsung dengan sinar matahari
Touchscreen biasanya merupakan layar LCD yang sangat sensitf akan sentuhan apapun itu, termasuk juga sinar matahari.  Jika terkena sinar matahari secara langsung, maka permukaan LCD akan cepat rusak dan juga tampilannya yang akan kusam. Memang screen protector bisa melindungi layar touchscreen, namun sinar matahari kurang baik terhadap teknologi. Jadi berhati-hati lah!
  • Jauhkan dari medan magnet
Sifat dasar magnet yang akan menarik semua benda, maka handphone atau smartphone pun pin ditariknya. Apalagi layar sentuh, jika didekatkan dengan magnet akan lebih cepat rusak layar LCDnya. Kenapa ? Karena semua elemen pembentuk LCD (liquid) ini  akan mudah rusak akibat tertarik oleh medan magnet.  Medan magnet juga ada di perangkat elektronik seperti speaker, radio,  dan sound sistem. Maka usahakan untuk sebisa mungkin menjauhkan smartphone dari perangkat-perangkat tersebut.
  • Selalu bersihkan layar yang kotor
Hal kebersihan layar smartphone ini merupakan hal yang dianggap sepele oleh para pengguna smartphone. Layar touchscreen yang kotor ternyata juga bisa memperngaruhi performa dari handphone atau smartphone tersebut.
  • Hindarkan menggunakan kuku dan benda keras atau tajam
Ketika menggunakan handphone atau smartphone yang memiliki layar datar, maka usahakan untuk menghindari menyentuh layar sentuh tersebut dengan menggunakan kuku.  Pastikan juga layar touchscreen terhindari dari benda tajam atau keras. Ini dilakukan untuk menghindari resiko layar tergores dan menjadi rusak.
  • Jangan tekan terlalu keras
Menggunakan handphone atau smartphone dengan layar touchscreen pasti akan memakai tangan dalam pengoperasiannya. Usahakan jangan terlalu keras dalam menekan layar, sebab ini akan merusak sistem touchscreen yang bekerja.
  • Taruh ditempat yang aman
Menaruh handphone atau smartphone dengan layar sentuh tentuh juga mesti diperhatikan.  Hindari menyimpan di tempat penyimpanan yang sempit, seperti kantong celana, karena layar touchscreen bisa rentan beresiko mengalami kerusakan. Pastikan juga jangan menggabungkan handphone dengan peralatan yang berbahan logam seperti uang loga, kunci rumah, kunci motor karena menyebabkan kerusakan pada layar handphone tersebut.

Memang cara di atas mudah untuk dilakukan, namun tidak sedikit juga orang yang menganggap ini sepele. Semoga artikel ini bisa bermanfaat! -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...