Komponen Penting Dalam Perawatan Mobil

Komponen Penting Dalam Perawatan Mobil

Posted by shinobi apuy on Thursday, January 10, 2013


Perawatan Mobil
Informasi Menarik mengenai perawatan mobil menjadi hal yang banyak dicari oleh para pemilik mobil. Informasi menarik tersebut merupakan hal wajib untuk merawat mobil menjadi lebih awet dan performa nya selalu baik setiap digunakan. Perawatan mobil ini harus dilakukan secara rutin dan berkala sehingga mobil akan terasa enak dan nyaman saat dikendarai baik jarak dekat maupun untuk jarak yang jauh. Perawatan mobil ini  bertujuan untuk mengurangi terjadinya kerusakan pada setiap komponen penting dalam kendaraan mobil Anda. Perawatan mobil ini juga sebenarnya bisa dilakukan sendiri atau dengan datang ke bengkel mobil terpercaya agar mobil Anda dapat prima kembali.

Beberapa Hal Mengenai Perawatan Mobil

Dalam melakukan perawatan mobil, disarankan pemilik mobil harus memahami setiap komponen yang terdapat pada mobil tersebut. Pemahaman komponen tersebut dimaksudkan agar jika terjadi sesuatu pada mobil secara mendadak bisa langsung Anda tangani sendiri tanpa bantuan dari montir karena terbatasnya waktu Anda. Untuk itu, pemilik mobil diharapkan berusaha mencari tahu informasi secara lengkap tentang komponen-komponen penting apa saja dalam sebuah mobil dan bagaimana cara memperbaikinya dengan membaca buku tentang komponen mobil. Atau juga pemilik mobil membaca majalah khusus otomotif yang memberikan pengetahuan tentang komponen-komponen mobil. Bisa juga dengan melakukan browsing di internet, karena banyak sekali tips perawatan mobil yang bisa dijadikan acuan.

Tips Perawatan Mobil Pribadi

Nah, berikut saya coba untuk memberikan beberapa informasi tentang komponen dan tips bagaimana
cara perawatan nya. Adapun informasi tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Ban. Ban merupakan salah satu komponen penting dalam merawat mobil. Untuk merawat ban mobil ini, sebaiknya rajin untuk mengecek tekanan ban mobil tersebut. Pastikan tekanan ban mobil Anda sesuai dengan spesifikasi yang diberikan dalam buku manual. Jika Anda tiap hari bepergian dengan ban, maka usahakan mengganti ban setelah 1-2 tahun pemakaian.
  2. Aki Mobil. Untuk perawatan aki mobil ini, sebaiknya hal pertama yang Anda lakukan adalah memastikan untuk melepas kabel aki dari baterai sebelum membersihkan aki mobil tersebut. Pakailah sikat untuk membersihkan kabel dan gunakan juga larutan air dicampur dengan baking soda supaya kabel aki mobil tersebut bersih dari segala kotoran yang menempel. Setelah selesai, coba cek koneksi kabel pastikan juga apakah aki mobil Anda sudah pas pada dudukannya apa belum.
  3. Oli Mobil. Pada umumnya perawatan mobil dengan motor sama dalam hal oli. Pastikan oli mobil Anda rutin diganti setiap 1 bulan sekali, agar mesin tidak cepat aus dan rusak. Pergantian obi mobil setiap bulannya juga akan menimbulkan kesan halus setiap mesin mobil dijalankan tiap harinya.
  4. Rem. Rem ini merupakan komponen mobil yang memegang peranan penting dalam sebuah mobil. Karena dengan berfungsinya rem, maka perjalanan Anda setiap harinya akan aman dan nyaman. Bayangkan apabila rem mobil ada tidak berfungsi dengan baik, maka dijamin Anda akan was-was dalam mengendarai mobil Anda.
  5. Wiper Kaca Depan Dan Belakang. Untuk perawatan mobil untuk wiper kaca baik depan maupun belakang bisa dilakukan sendiri karena merupakan pekerjaan yang mudah. Siper kaca ini akan membantu Anda dalam perjalanan ketika hujan deras sedang berlangsung. Merawat wiper kaca ini, hanya dengan menggunakan air, lap basah, dan lap kering. Usahakan merawat wiper kaca mobil ini dilakukan rutin setiap hari sekaligus membersihkan kaca mobil.
  6. Air Conditioner. Setiap mobil pasti memiliki AC, karena dengan menggunakan AC seluruh penumpang yang ada di dalam mobil akan merasa nyaman dengan udara yang dingin dan sejuk. Untuk perawatan ac mobil ini biasanya akan lebih mudah jika dengan bantuan montir yang melakukannya.
Semoga artikel tentang informasi tentang tips perawatan mobil dapat bermanfaat. hr

{ 7 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Perawatan wiper yang sederhana namun sering terabaikan. Thks infonya sobat

Best Template said...

artikel ini sangat bermanfaat untuk siapa saja yang memiliki mobil. trims infonya.

cover mobil bubble

http://covermobilbubble.blogspot.com/

Anonymous said...

salam sukses..

sip om..bener segala sesuatunya memang rawatan rutin bikin mesin jadi awet

nice info

tq

Jinnan said...

Thanks infonya bermanfaat sekali,...
Salam Sukses By KBG and Friend

Unknown said...

yang disebutkan di atas termasuk dalam barang-barang umum yang terlihat sepele tetapi sangat mempengaruhi kenyamaan berkendara

skali-kali jangan lupa maen ke
blog toyota untuk mendapatkan tips dan trik mobil-mobil toyota

Unknown said...

artikel menarik ...

rental mobil jakarta said...

sip gan bagus infonya

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...