Gadget Bisa Hambat Pertumbuhan Anak

Gadget Bisa Hambat Pertumbuhan Anak

Posted by shinobi apuy on Tuesday, July 23, 2013

Mainan Anak
Mainan Anak yang bisa menjadi rekomendasi adalah gadget. Gadget  merupakan salah satu alat komunikasi yang penggunanya sangat banyak. Mainan anak seperti gadget ini akan mempunyai dampak yang bagus bagi perkembangan anak. Seperti perkembangan anak dalam hal motorik, kognitif, dan juga mampu melatih kemampuan audio.  Namun dalam penggunaan nya, para orang tua harus tetap waspada dan melakukan tindakan pencegahan kepada game online. Ini diartikan buka melarang untuk tidak boleh bermain game online pada gadget, tetapi mendampingi anak ketika sedang bermain game online dengan menggunakan gadget.

Mainan Anak seperti Penggunaan gadget sebagai juga memiliki kekurangan, bahkan mampu berakibat negative untuk si anak. Mainan anak seperti gadget in makin banyak diminati. Tidak hanya sebagai mainan anak, kini gadget juga bisa dijadikan sebagai mainan orang dewasa yang hobi untuk main game online atau menggunakan internet untuk bersosialisasi. Di tambah dengan produk smartphone dan tablet yang makin menambah banyak jumlah produk gadget yang ada di pasaran. Penggunaan yang berlebihan terhadap perangkat layar sentuh seperti smartphone dan tablet akan berdampak tidak baik terhadap pertumbuhan dan juga perkembangan anak.  Selain itu penggunaan gadget ini akan menjadikan penglihatan anak menjadi buruk. Gadget jika sebagai mainan anak, juga akan membuat kecanduan anak tersebut, karena setiap hari menggunakan nya.

Mainan Anak seperti gadget sekarang makin populer, untuk itu membuat seorang professor asal Australia yaitu Profesor Marjory Ebbeck melakukan sebuah riset dan studi terbaru. Riset ini melibatkan 1.058 orang tua dan anak yang berusia dibawah umur 7 tahun dengan jumlah 1.542 anak. Hasil riset tersebut menyatakan bahwa sebanyak 66% anak dengan usia 2 tahun dan di bawah 2 tahun sangat akrab dengan gadget seperti smartphone atau tablet sebagai permainan eletronik yang disukai.  Dan 7 dari 10 oang tua menyatakan bahwa adanya penurunan dari mata anak-anak akibat dari terlalu sering menggunakan gadget sebagai mainan anak. Selain itu, sebagian lagi menyatakan bahwa anak-anak mereka telah kecanduan akan perangkat elektronik ini dan cenderung akan marah jika gadget ini di ambil dari tangan mereka. Namun ada juga orang tua yang menyatakan bahwa gadget ini mampu meningkatkan kemampuan motorik anak-anak mereka. Jadi, bisa di simpulkan bahwa penggunaan gadget sebagai mainan anak harus seimbang dan tidak boleh berlebihan. Oleh karena itu, Profesor Majory ini memberikan saran kepada para orang tua sebaiknya memilih mainan anak yang berteknologi rendah seperti balok susun, puzzle, dan lain-lain. Ini dikarenakan dengan permainan anak sederhana tersebut, akan membuat anak-anak mampu mengembangkan kemampuan motorik,sehingga dengan sendiri nya akan membantu untuk lebih mahir menggunakan teknologi.

Jadi, Anda pilih yang mana ? Pilih gadget sebagai mainan anak dengan teknologi tinggi ? Atau memilih mainan anak yang sederhana, namun mengasah kemampuan otak mereka ? -apuy-

{ 1 comments... read them below or add one }

toko mainan anak said...

Gadget juga bisa membuat anak kurang bersosialisasi lho. karena sebaiknya dibatasi penggunaannya.

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...