Kiat Memperbaiki Kadar Kolesterol

Kiat Memperbaiki Kadar Kolesterol

Posted by shinobi apuy on Wednesday, July 3, 2013

Kolesterol
Cara menurunkan berat badan yang paling ampuh memang dengan penerapan pola hidup sehat. Salah satu nya dengan memperhatikan kadar kolesterol pada setiap makanan yang akan di konsumsi setiap hari nya. Apalagi jika sudah terkena penyakit kolesterol, seperti jantung maka cara yang baik untuk menyembuhkan penyakit tersebut adalah dengan berusaha untuk memperbaiki kadar kolesterol dari setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kolesterol merupakan faktor utama penyebab dari penyakit jantung koroner. Menurut para ahli kedokteran, tidak ada hal yang lain yang menentukan resiko seseorang untuk dapat mengalami serangan jantung daripada kolesterol.

Berhubungan dengan cara menurunkan berat badan, memperbaiki kadar kolesterol merupakan hal terbaik yang harus dilakukan untuk mencegah lemak dan kolesterol masuk di dalam tubuh. Banyaknya kolesterol yang masuk, maka akan banyak juga jumlah lemak yang akan masuk dan menyebabkan berat badan terus bertambah. Pada dasarnya, tidak semua kolesterol itu jahat untuk tubuh kita, karena ada kolesterol yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Secara umum kolesterol sendiri yang ada di dalam makanan terdiri dari 2 jenis, yaitu kolesterol buruk (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Berikut informasi kesehatan mengenai tips memperbaiki kadar kolesterol sebagai salah satu cara menurunkan berat badan :
  1. Batasi Lemak Jenuh.  Lemak jenuh ini merupakan lemak yang dihasilkan dari hewan, terutama pada kulit ungags, susu, dan daging baik daging sapi, domba, babi, dan juga kambing. Untuk memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh, ada baiknya untuk mengurangi dan membatasi dalam konsumsi akan lemak jenuh ini.  Karena dengan semakin banyak mengkonsumsi lemak jenuh ini, akan berpotensi akan mengakibatkan kolesterol akan menjadi meningkat dan ini juga akan menimbulkan efek negatif dengan adanya penyakit jantung. Cara memperbaiki kadar kolesterol ini adalah dengan program diet, seperti diet mediteranian. Di mana waktu untuk konsumsi daging ini hanya boleh dilakukan hanya 1 kali dalam 1 bulan. Selain ini bagus untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam tubuh, diet ini juga mampu sebagai cara menurunkan berat badan secara sempurna.
  2. Hindari lemak trans (trans fat). Trans fat merupakan salah satu jenis lemak yang kandungan nya lebih berbahaya daripada lemak jenuh.  Karena trans fat ini akan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan secara otomatis akan mengurangi kolesterol baik (HDL). Menurut beberapa penelitian, trans fat ini mampu meningkatkan lebih banyak resiko yang akan dihadapi, apabila terlalu banyak mengkonsumsi trans fat ini.  Oleh karena itu, hindarilah makanan yang mengandung trans fat seperti makanan yang proses pengolahan nya dengan cara menggoreng.
  3. Pertahankan berat badan normal. Dengan menurunnya kadar kolesterol di dalam tubuh, ini akan semakin baik karena berat badan juga ikut menurun. Namun bukan hanya karena penurunan kadar kolesterol, tapi juga program deit yang dilakukan berhasil, dan rutin nya olahraga yang menyebabkan penurunan berat badan dan berat badan menjadi normal kembali. Dengan kata lain, gaya hidup juga akan mempengaruhi dalam mempertahankan berat badan normal dan juga menurunkan kadar kolesterol. 
  4. Olahraga. Olahraga yang cukup dan rutin dengan menggunakan waktu paling sedikit 20-40 menit setiap hari mampu juga menurunkan berat badan dan juga kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Olahraga seperti jogging, bersepeda, berenang merupakan pilihan olahraga terbaik untuk mendapatkan kadar kolesterol menjadi normal kembali.
  5. Stop Merokok. Di samping konsumsi lemak, untuk mengurangi kadar kolesterol dan penyakit jantung bisa dengan berhenti merokok.  Jika Anda sebagai seorang perokok, stop merokok dapat menaikkan kolesterol baik (HDL) hingga 10 persen. 
  6. Check up rutin ke dokter. Ini dilakukan apabila gaya hidup dan semua usaha yang telah anda lakukan masih belum berhasil menurunkan kadar kolesterol, maka ada baiknya anda perlu bantuan dokter. Dokter akan memberikan pilihan obat yang tepat dan sesuai untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Atau anda bisa mencek riwayat keluarga anda yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi, sebab kolesterol ini merupakan penyakit turunan.
Semoga artikel tips mengurangi kadar kolesterol dapat berguna, -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...