Menjadi Bartender Profesional

Menjadi Bartender Profesional

Posted by shinobi apuy on Tuesday, October 27, 2015

Bartender
Berita Gaya Hidup Masa Kini - Daripada membeli dan mengonsumsinya di rumah, banyak orang yang lebih memilih pergi ke bar untuk pesan bir atau minuman beralkohol lainnya. Selain karena suasananya yang lebih seru, ada banyak jenis minuman yang bisa dicoba. Terlebih jika bar tersebut memiliki bartender profesional yang kreatif dalam menciptakan berbagai jenis minuman yang nikmat.

Memang tidak bisa dipungkiri, keberhasilan suatu bar bisa sangat dipengaruhi oleh kualitas bartendernya. Namun, menjadi seorang bartender profesional bukanlah hal yang mudah. Mereka harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:
  • Memiliki kemampuan untuk meracik minuman beralkohol (cocktail) maupun tidak beralkohol (mocktail). Meracik di sini bukan berarti hanya mencampurkannya sembarangan, karena hasil racikan tersebut haruslah disukai oleh pengunjung. Bartender juga diminta untuk mampu meracik minuman sesuai request.
  • Memiliki kemampuan untuk menghibur konsumen yang datang dengan menampilkan teknik mencampur yang unik, misalnya seperti teknik juggling
  • Mampu bekerja secara multi tasking. Banyak dari konsumen yang terkadang malas untuk membayar di kasir dan memilih langsung membayar di meja bar, sehingga bartender harus bisa juga bertindak sebagai kasir.
  • Memperhatikan penampilan dan mengutamakan kebersihan, terutama pada bagian yang terlihat. Salah satu kebersihan yang harus dijaga adalah kebersihan kuku, oleh karena itu, seorang bartender diharuskan untuk memotong kuku secara rutin agar terjaga kebersihannya.
  • Mampu berinteraksi langsung dengan pengunjung. Bartender yang mampu melakukan hal ini biasanya akan lebih disukai dibandingkan dengan bartender yang pendiam. Namun, jangan juga terlalu berlebihan dalam berinteraksi dengan pengunjung, apalagi sampai mencampuri urusan pribadi mereka.
  • Memahami dengan jelas fungsi dari seluruh perlengkapan dan peralatan yang ada di bar. Selain itu, tata cara penyajian minuman yang baik dengan memilih jenis gelas yang tepat untuk setiap minuman juga penting untuk dipahami.

Beragam kriteria di atas tentunya tidak mudah untuk dipenuhi begitu saja. Pendidikan khusus terutama yang berkaitan dengan pelayanan konsumen penting untuk dikuasai oleh setiap bartender.(Yv)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...