Pengaruh Gizi Untuk Kecerdasan Balita

Posted by shinobi apuy on Friday, August 21, 2015

Pengaruh Gizi Untuk Kecerdasan Balita
Ada banyak sekali hal yang mempengaruhi kecerdasan seorang anak, namun tidak bisa dipungkiri bahwa gizi memegang peranan yang cukup penting untuk kecerdasan seorang anak. Pemenuhan gizi ini tiak hanya bisa diharapkan ketika anak sudah lahir saja, tetapi juga sejak masih berada dalam kandungan. Ketika masih berada dalam kandungan, pemenuhan gizi ini akan sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi sang ibu. Namun, ketika anak sudah mulai mengonsumsi makanan, maka gizi balita akan didapatkan dari ASI(jika masih mengonsumsi ASI) dan berbagai makanan yang dikonsumsinya.

Saat anak masih belum mandiri dan belum bisa menentukan menu makanannya sendiri, orangtualah yang memiliki peran untuk mencukupi gizi sang anak. Sebaiknya, latihlah anak untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung berbagai gizi agar kebiasaan ini terus terbawa hingga anak dewasa. Hal ini sangatlah penting, karena hingga anak berusia 2 tahun anak mampu untuk menyerap berbagai informasi yang mereka terima secara maksimal. Pada masa ini, masih terdapat banyak sel-sel penting dalam otak yang sangat mempengaruhi kecerdasan anak.

Ribuan sel yang terdapat dalam otak anak usia kurang dari 2 tahun, memiliki kemampuan regenerasi yang cukup cepat. Sehingga, ketika terdapat kerusakan pada beberapa sel, sel akan mampu membentuk sel baru untuk memperbaiki sel yang rusak tersebut. Namun, jika kerusakan sel ini cukup sering dan parah, maka akan bisa menyebabkan kerusakan permanen. Kerusakan pada sel otak  ini, bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi. Jika kerusakan sel otak ini terjadi, anak bisa mengalami masalah dalam menyerap berbagai informasi, akibatnya kecerdasan anak akan menjadi berkurang.

Untuk memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anak, orangtua bisa melatih anak untuk mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin (buah dan sayuran), kalsium (susu), asam folat (brokoli), DHA (salmon), kolin (kuning telur) dan berbagai gizi lainnya. Berikanlah berbagai makanan tersebut secara bergantian, sehingga seluruh kebutuhan gizi balita akan terpenuhi secara seimbang. Namun, orangtua tetaplah harus ingat bahwa semua makanan ini tidak lantas membuat anak ibu menjadi pintar, karena berbagai makanan dan kandungan gizi ini hanya membantu memaksimalkan kinerja otak agar lebih aktif dalam menyerap berbagai informasi. Masih ada banyak faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan anak, dan faktor lain tersebut tidak boleh diabaikan. (Yv)
More aboutPengaruh Gizi Untuk Kecerdasan Balita

Mengecilkan Perut ? Ini Dia Tipsnya

Posted by shinobi apuy on Monday, August 3, 2015


Tips Mengecilkan Perut
Memiliki perut yang rata dan tidak buncit merupakan impian setiap perempuan. Bahkan, tidak jarang perempuan berlomba-lomba untuk mencari cara mengecilkan perut demi mendapatkan perut yang rata. Segala cara sudah dicoba mulai dari cara sehat hingga cara yang instan. Hasilnya? Ada yang berhasil, namun tidak jarang pula yang gagal. Sebetulnya, apa sih yang menjadi penentu kesuksesan kita dalam mengecilkan perut? 

Sama seperti diet, mengecilkan perut pun menuntut kita untuk konsisten saat melakukannya. Jika sudah menetapkan niat untuk membuat perut kita terlihat rata, maka kita harus tetap berpegang teguh terhadap prinsip itu sampai tujuan tercapai. Selain menuntut konsistensi, ada pula hal-hal yang harus kita hindari ketika sedang dalam program untuk pengecilan perut. Di antaranya adalah menjaga pola hidup sehat seperti tidak tidur sehabis makan dan juga menghentikan kebiasaan ngemil di malam hari. 

Di samping semua itu, ada hal-hal lain yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan perut. Cara ini mungkin sederhana, namun nyatanya ampuh untuk mengurangi ukuran perut buncit kita.
  • Jalan Cepat
Setiap pagi, luangkanlah sekitar dua puluh hingga setengah jam untuk jalan cepat di sekitar perumahan Anda. Jalan cepat akan membantu Anda untuk membakar kalori di dalam tubuh Anda. Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan sepatu yang nyaman untuk dipakai berjalan cepat. Olahraga ini adalah jenis olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan, sehingga sangat disarankan untuk melakukannya secara konsisten.
  • Sit Up
Sejak lama, sit up memang digadang-gadang sebagai jenis olahraga yang efektif untuk membuat perut kita menjadi rata. Gerakan-gerakan pada sit up akan membuat otot perut kita tertarik sehingga mampu mengurangi ukuran perut secara perlahan. Lakukan sit up pada pagi atau malam hari dan tetapkan targetnya setiap hari.
  • Bersepeda
Nah, jika biasanya kita selalu menggunakan motor atau mobil untuk membeli sesuatu di depan kompleks perumahan, sudah saatnya nih mengganti kebiasaan tersebut dengan bersepeda! Bersepeda faktanya bisa membuat perut kita mengecil karena gerakan mengayuh yang kita lakukan. Tentunya, mengecilkan perut menjadi lebih menyenangkan karena kita melakukannya sambil berjalan-jalan keliling kompleks. (Tr)
More aboutMengecilkan Perut ? Ini Dia Tipsnya