Memasak Tanpa Garam Namun Tetap Sedap

Memasak Tanpa Garam Namun Tetap Sedap

Posted by shinobi apuy on Tuesday, July 4, 2017

Tidak bisa disangkal, garam merupakan penyedap rasa yang wajib digunakan dalam setiap masakan untuk membuat makanan terasa gurih dan nikmat. Namun, tahukah kamu bahwa garam bisa meningkatkan tekanan darah dan juga berdampak pada kesehatan? Meski sudah menggunakan asuransi kesehatan yang bagus, bukan berarti kamu bisa mengesampingkan masalah kesehatan lho. Oleh sebab itu, kamu pun harus mengurangi asupan garam dalam tubuh agar tetap sehat.

Memasak Tanpa Garam

Nah, bagaimana cara mengurangi asupan garam tanpa harus mengurangi kelezatan masakannya? Berikut caranya:
  1. Manfaatkan rempah. Agar masakan tetap terasa sedap meski tidak menggunakan garam, kamu bisa menggunakan rempah-rempah untuk menambah rasa. Misalnya saja dengan menggunakan lada hitam atau oregano, yang membuat makanan terasa gurih namun bebas garam. Rempah-rempah ini juga bebas kalori sehingga kamu bisa dengan bebas menambahkannya ke dalam masakan tanpa perlu khawatir.
  2. Gunakan asam. Tidak disangka, asam juga berfungsi untuk membuat masakan terasa lezat. Jika garam bisa menambahkan rasa gurih dan asin pada makanan, asam berfungsi untuk memberi sedikit sentuhan pada masakan dan membuatnya terasa lebih kuat. Kamu bisa menggunakan sedikit cuka, perasan jeruk lemon, atau bahkan jeruk nipis pada salad atau bahkan ayam panggang agar sedikit terasa.
  3. In seaweed we trust. Yap, rumput laut atau nori memang terbukti ampuh membuat rasa masakan yang biasa saja menjadi lebih terasa. Kamu bisa menggunakan taburan rumput laut atau yang berbentuk lembaran untuk menjadi penyedap dalam masakan kamu. Bahkan, makan nasi putih dengan rumput laut saja sudah enak, lho! Setuju?
  4. Variasi metode memasak. Masakanmu tidak harus diracik dengan cara ditumis saja. Kamu juga bisa merebusnya atau bahkan memanggangnya. Memasak makanan dengan cara dipanggang memberikan tekstur tersendiri dan cita rasa yang berbeda meski tidak menggunakan garam!

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengurangi konsumsi garam dalam keseharian. Dijamin, kamu akan lebih sehat jika melakukan hal di atas. Selamat mencoba dan semoga membantu!

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...