Pilih Hewan Peliharaan Jantan Atau Betina ?

Pilih Hewan Peliharaan Jantan Atau Betina ?

Posted by shinobi apuy on Thursday, March 14, 2013


Pet Grooming
Cara merawat hewan peliharaan atau biasa disebut pet grooming salah satunya dengan memilih terlebih dahulu jenis kelamin hewan peliharaan yang akan Anda pelihara. Sekarang topik perawatan hewan peliharaan ini mengacu pada perawatan anjing sebagai hewan peliharaan. Nah, semua pengetahuan tentang hewan anjing ini diperlukan agar setelah memiliki hewan anjing. Selain itu, dalam memilih keputusan untuk memilih hewan peliharaan anjing ini ada 2 faktor penting yang menjadi acuan.

Jenis anjing apa yang akan kita pelihara, merupakan salah satu hal yang menjadi faktor penting dalam membuat keputusan untuk memelihara anjing sebagai hewan peliharaan. Karena dengan faktor jenis anjing tersebut, Anda dapat lebih spesifik dan akan berusaha untuk merawat hewan anjing itu dengan setulus hati dan pastinya sesuai dengan semua hal yang berhubungan dengan jenis hewan anjing yang Anda akan pelihara. Untuk lebih paham, banyak informasi baik dari media online dan offline yang akan membantu untuk memberikan perawatan yang terbaik untuk hewan kesayangan Anda.

Nah, ada satu faktor lagi yang dapat menjadi acuan dalam memutuskan anjing sebagai hewan peliharaan. Faktor tersebut adalah jenis kelamin hewan peliharaan tersebut. Kita juga harus memikirkan anjing jenis kelamin apa yang akan kita miliki. Jantan atau betina? Mengapa demikian, karena kedua jenis kelamin ini baik jantan dan betina hewan peliharaan akan mempengaruhi kecocokan karakter dan perawatannya serta juga fisiknya.

Hewan Peliharaan Anjing Jantan
  1. Jika anda menginginkan anjing dengan fisik yang lebih baik maka jantan adalah pilihan utama.
  2. Anjing jantan memiliki sifat lebih mandiri (Alpha) dibanding anjing betina. Hal ini membuat anjing jantan berlaku selayaknya pemimpin anda.
  3. Anjing jantan lebih agresif dan lebih susah diatur dibanding anjing betina.
  4. Anjing jantan mengalami masa rontok bulu hanya setahun sekali.
  5. anjing jantan suka melakukan marking, mengencingi areanya sebagai penanda area kekuasaannya.
Hewan Peliharaan Anjing Betina
  1. Anjing betina biasanya berukuran lebih kecil dari anjing jantan
  2. Anjing betina biasanya cenderung menganggap pemiliknya sebagai pemimpinnya.
  3. Anjing betina lebih mudah diatur karena sifatnya yang lebih kalem dibanding anjing jantan.
  4. Anjing betina mengalami masa rontok bulu sedikitnya 2 kali dalam setahun.
  5. Anjing betina mengalami menstruasi selama 3 minggu.
Masing-masing jenis kelamin baik jantan dan betina ini, memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan pada proses perawatannya, pasti akan ada masalah yang akan dialami oleh pemilik hewan peliharaan. Untuk semua masalah ini bisa diatasi dengan berbagai cara seperti dibawah ini:
  • Jika anda tidak ingin anjing anda susah diatur atau memiliki jiwa alpha yang terlalu tinggi maka anda harus bisa memposisikan diri anda sebagai alpha (pemimpin). Hal ini berkaitan dengan pelatihan.
  • Masalah rontok bulu pada anjing jantan dan betina dapat dikurangi dengan cara melakukan Sterilisasi. Cara lain adalah dengan memilih jenis hewan peliharaan anjing yang tidak mengalami rontok bulu seperti Shih Tzu atau Poodle. Penyisiran rutin dan sering akan mempercepat masa rontok bulu.
  • Masalah marking pada anjing jantan atau menstruasi pada anjing betina juga dapat diatasi dengan cara Sterilisasi.
  • Yang penting sebelum memelihara anjing, pelajari dahulu karakter trah anjing yang akan anda pelihara agar anda tidak membuangnya dengan alasan sifat anjing yang anda pilih tidak cocok dengan anda.
Demikian pentingnya memilih jenis kelamin hewan peliharaan yang berhubungan dengan perawataan hewan peliharaan atau pet grooming. Semoga membantu, apuy

{ 1 comments... read them below or add one }

Pengakuan Gay Indonesia said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...