Ciri-Ciri Ban Sepeda Motor Terbaik

Ciri-Ciri Ban Sepeda Motor Terbaik

Posted by shinobi apuy on Monday, December 22, 2014

Ban sepeda motor itu sangat penting, tidak kalah pentingnya dengan spare part sepeda motor lainnya. Jika tidak ada ban, sepeda motor pun tidak akan bisa digunakan alias tidak bisa jalan. Oleh karena itu butuh ketepatan dan kejelian dalam memilih ban sepeda motor. Mulai dari memperhatikan ketahanan ban tersebut, apakah bisa digunakan di semua medan perjalanan Anda.

Ciri-Ciri Ban Sepeda Motor Terbaik
Memilih ban sepeda motor yang berkualitas bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, banyak dari para pengguna motor yang justru tidak memperdulikan jenis ban yang sesuai dengan sepeda motornya. Bahkan mereka cenderung terlihat asal-asalan ketika memilih ban motor. Lalu apa saja ciri-ciri ban sepeda motor terbaik ? Berikut penulis mencoba memberikan beberapa ciri-ciri yang bisa dengan mudah diketahui ketika memilih sebuah ban.
  • Perhatikan merk band sepeda motor. Kini sudah banyak merk ban sepeda motor yang dijual di pasaran, sehingga ini tentu memudahkan para konsumen ketika memilih dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika memungkinkan pilihlah merk ban sepeda motor yang sudah ternama, karena sudah pasti kualitasnya pun terjamin dengan baik.
  • Perhatikan guratan ban motor. Jenis ban motor yang banyak tentu memiliki guratan yang tentunya berbeda. Seperti contoh, jangan gunakan ban sepeda motor yang guratannya banyak untuk jalanan yang sering panas. Kecuali di lingkungan sekitar rumah Anda cukup sejuk untuk digunakan untuk berkendara sepeda motor.
  • Cek tahun pembuatan ban sepeda motor. Setiap jenis ban sepeda motor tentu mempunyai kode produk ban tersebut, misalnya saja 1012. Kode tersebut memberikan informasi bahwa 10 adalah minggu pembuatan ban, sedangkan 12 adalah tahun pembuatan ban tersebut. Nah, sebaiknya ketika memilih pastikan ban yang diproduksi antara 0 – 12 bulan. Jadi jangan lebih dari itu supaya ban tetap berkualitas.
  • Pastikan ukuran ban sesuai dengan motor Anda. Untuk bisa merasakan ban motor yang dibeli merupakan ban sepeda motor terbaik, maka sesuaikan ukuran ban dengan kondisi motor Anda. Jika motor Anda diproduksi tahun 2009 kebawah, maka gunakan ukuran ban 70/90 untuk ban depan dan 80/90 untuk ban belakang. Namun jika motor Anda dibuat di atas tahun 2010, disarankan untuk menggunakan ukuran 70/90 dan 80/90. Berbeda dengan motor matic, biasanya sudah menggunakan ukuran standar yaitu 80/90 dan 90/90. 
Namun kesemua ciri-ciri ban sepeda motor di atas tidak bisa menjamin kualitas ban motor menjadi baik, tentu harus diimbangi dengan perawatan yang rutin. Lakukan perawatan rutin, dan perhatikan juga jangka waktu pemakaian yah. Selamat memilih yah! -apuy-

{ 1 comments... read them below or add one }

jual genset said...

Kalau saya lebih tertarik untuk memperhatikan merek ban tersebut, baru setelah itu guratan ban-nya. Kalau masalah ukuran, saya ikut aja sama pelg-nya. Hehehehe

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...