Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Posted by shinobi apuy on Wednesday, July 15, 2015

Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil
Mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil, merupakan hal yang wajar dan umum terjadi. Karena itulah, wanita yang sedang hamil seringkali disarankan untuk mengkonsumsi makanan Ibu hamil dalam porsi yang sedikit namun sering. Dengan cara ini, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh calon ibu akan tetap terpenuhi. Selain itu, pemilihan jenis makanan juga sangatlah penting untuk diperhatikan. Umumnya, pada wanita yang mengalami mual dan muntah pada proses kehamilan ini lebih sensitif terhadap beberapa jenis makanan. Bahkan, ada beberapa yang merasa mual ketika melihat suatu jenis makanan yang merupakan makanan kesukaannya saat belum hamil.

Untuk mengatasi masalah mual dan muntah ini, calon ibu dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6. Vitamin B6 ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa mual. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung vitamin B6 yaitu jamur, hati, kentang, gandum, kacang-kacangan, dan berbagai jenis makanan lainnya. Namun, meskipun makanan yang mengandung Vitamin B6 baik untuk mengurangi rasa mual, namun perlu diingat bahwa ibu hamil juga membutuhkan nutrisi yang lain. Karena itulah, calon ibu juga harus lebih memperhatikan kandungan gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsinya. Sebaiknya, ibu mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung gizi yang seimbang.

Disela waktu mengkonsumsi makanan utama, calon ibu juga bisa mengkonsumsi berbagai camilan sehat. Camilan ini bisa juga dikonsumsi saat bangun pagi, atau ketika sedang bersantai. Hal ini bermanfaat agar perut selalu terisi dan tidak pernah kosong. Selain makanan yang mengandung Vitamin B6 dan gizi yang seimbang, calon ibu juga dapat mengkonsumsi susu ibu hamil. Susu ini biasanya mengandung formula yang di khususkan  untuk mengatasi masalah mual pada  ibu hamil, dan juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan calon ibu dan janin dalam kandungan.

Rasa mual dan muntah dalam kondisi normal, akan mulai berkurang ketika kandungan sudah memasuki usia 12 atau 16 minggu (tergantung kondisi calon ibu). Namun, jika rasa mual dan muntah yang dirasakan sangat berlebihan hingga mengganggu aktifitas, akan lebih baik jika calon ibu segera memeriksakan kandungannya ke dokter kandungan. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak lebih serius jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat. (Yv)

{ 2 comments... read them below or add one }

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang hamil dan semoga apa yang disampaikan disini memang berdasarkan pengetahuan penulisnya.

Karena saya belum menemukan sumber referensinya, makasih ulasannya.

shinobi apuy said...

Salam kenal Mas Adam
pastinya, semoga artikel ini bisa bermanfaat

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...