Sekelumit Tentang Solar Water Heater

Sekelumit Tentang Solar Water Heater

Posted by shinobi apuy on Thursday, December 27, 2012


Solar Water Heater
Solar Water Heater merupakan salah satu jenis alat Water Heater dalam pengadaan air panas untuk kebutuhan rumah tangga khusus dalam hal mandi. Prinsip kerja dari Solar Water Heater ini menggunakan bantuan tenaga sinar matahari yang menyerap dan menjadikan air panas. Sekarang Solar Water Heater atau pemanas air dengan tenaga surya menjadi produk yang banyak diminati oleh penduduk Indonesia yang mengidamkan kenyamanan setelah pulang kantor.

Adapun kelebihan Solar Water Heater antara lain :
  1. Hemat Biaya. Produk Solar Water Heater ini sama sekali tidak membutuhkan tenaga listrik dalam pengadaan air panas. Tidak hanya biaya listrik yang ditekan, tetapi biaya untuk membeli tabung gas untuk memasak air panas di kompor gas. Jadi dengan menggunakan Solar Water Heater otomatis pengeluaran rumah tangga akan lebih hemat dan bisa digunakan untuk kebutuhan lain.
  2. Lebih Aman. Penggunaan Solar Water Heater ini jauh lebih aman karena tanpa menggunakan listrik dan gas dalam pengoperasiannya. Alat Solar Water Heater ini hanya menggunakan sinar matahari dalam proses kerja, jadi lebih aman.
  3. Lebih Efektif Dan Efisien. Dengan hanya menggunakan bantuan sinar matahari, produk Solar Water Heater akan menjadi lebih efektif dan lebih efisien. Misal efektif dan lebih efisian dalan hal waktu, dengan menggunakan Solar Water Heater ini Anda dan keluarga dapat mempergunakan waktu yang seharusnya hanya untuk menunggu saat memasak air panas untuk keperluan mandi.
  4. Lebih Cepat. Tidak perlu repot untuk memasak air panas untuk mandi, jadi begitu datang dari kantor masuk kamar mandi dan air panas sudah siap untuk digunakan. Jadi rasa nyaman dan rileks tersebut dapat segera dirasakan jika menggunakan produk Solar Water Heater tersebut.
Dibalik kelebihan dari produk Solar Water Heater ini, pasti ada kekurangannya. Ini sudah otomatis akan didapati jika membeli sebuah produk atau jasa. Nah, untuk kelemahan produk Solar Water Heater adalah sebagai berikut :
  1. Harga Mahal. Ini sudah pasti, karena produk Solar Water Heater atau pemanas air mempunyai kelebihan yang dapat didapatkan oleh setiap pengguna. Untuk produk Solar Water Heater ini diperuntukkan bagi kelas menengah atas, karena harga dari produk Solar Water Heater terbilang cukup mahal.
  2. Harus Punya Rumah Yang Cukup Besar. Memiliki Solar Water Heater ini harus diimbangi dengan rumah yang cukup luas dan kuat struktur bangunannya, karena Solar Water Heater ini memerlukan space yang cukup luas dalam penempatan. Biasanya Solar Water Heater ditempatkan diatas atap rumah, jadi setiap pemilik rumah harus mempunyai atap rumah yang kuat di samping itu produk Solar Water Heater ini mempunyai bobot yang cukup besar jadi pastikan atap rumah Anda kuat untuk menaruh Solar Water Heater di atap rumah Anda.
  3. Biaya Perawatan Dan Teknisi. Agar Solar Water Heater tersebut dapat tahan lama, diperlukan biaya perawatan yang cukup besar. Selain itu biaya teknisi juga harus dikeluarkan apabila jika produk Solar Water Heater melakukan perawatan. Jika rajin dalam perawatan Solar Water Heater, pasti biaya yang dikeluarkan pasti akan jauh lebih mahal dan menguras kocek Anda.
  4. Musim Hujan. Alat Solar Water Heater ini akan tidak dapat berfungsi dengan baik jika musim hujan sedang berlangsung, karena sinar matahari tidak akan sempurna dibandingkan dengan musin kemarau atau musim panas. Ini bukan masalah yang akan membuat Anda pusing, karena di setiap jenis alat pemanas air termasuk Solar Water Heater mempunyai penampaungan yang berkapasitas tertentu. Jadi jika musim hujan datang, pasti air panas sangat dibutuhkan maka dari itu penggunaannya harus lebih dihemat.
Cukup sekian informasi Solar Water Heater. Semoga dapat bermanfaat. hr

{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be actually something which I think I would never understand. It seems too complicated and extremely broad for me.I am looking forward for your next post, I will try to get
the hang of it!
solar water heater

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...