Penyebab Utama Nyeri Sendi

Penyebab Utama Nyeri Sendi

Posted by shinobi apuy on Monday, December 3, 2012


Nyeri Sendi
Nyeri Sendi merupakan penyakit yang mengganggu otot/sendi. Penyakit nyeri sendi ini sebuah gejala yang bersifat tunggal dan dapat mengganggu kinerja bagian tubuh yang lain. Nyeri sendi ini gejalanya dapat dilihat dengan berbagai macam seperti tidak nyaman ketika disentuh, pembengkakan, peradangan, kekakuan, atau pembatasan gerakan. Oleh karena ini diperlukan upaya sebagai cara mencegah nyeri sendi dengan mengetahui beberapa penyebab penyakit nyeri sendi ini. Untuk penyebab yang biasa penderita rasakan dari penyakit nyeri sendi, adalah sebagai berikut :
  1. Penyakit Rematik (Rheumatoid Arthritis). Rematik adalah penyebab paling umum nyeri sendi kronis. Berlawanan dengan pendapat umum, rematik bukanlah penyakit khas usia tua. Orang muda juga dapat terkena rematik. Penyakit rematik ini disebabkan oleh kerusakan sistem autoimun sehingga tubuh menghasilkan zat yang menyebabkan peradangan, terutama pada sendi. Bagian tubuh yang banyak terkena penyakit rematik ini adalah sendi jari tangan dan kaki dan tulang belakang. Serangan rematik membuat peradangan dan pembengkakan selaput sendi dan secara bertahap menghancurkan kapsul sendi, dan kemudian tendon. Konsekuensi pada akhirnya adalah deformasi tulang dan pembatasan gerakan.
  2. Osteoartritis. Osteoartritis adalah penyakit nyeri pada sendi yang bersifat degeneratif, pada umumnya penyakit ini dirasakan pada mereka yang berusia di atas 45 tahun. Pada penyakit osteoarthritis, sendi mengalami nyeri namun tidak diawali dengan peradangan. Rasa nyeri sendi biasanya terasa bila mengangkat beban dan pada awal gerakan dari posisi istirahat. Penyebabnya karena penuaan dan penggunaan terus-menerus.
  3. Ankylosing Spondylitis. Ankylosing spondylitis adalah salah satu bentuk artritis lainnya. Kondisi ini terutama menyebabkan nyeri dan peradangan sendi tulang belakang dan panggul, walaupun sendi lainnya dapat terlibat juga. Gejala dirasakan selama waktu tidur, setelah bangun tidur atau setelah interval tidak aktif. Pada kasus yang parah, ankylosing spondylitis dapat menyebabkan fusi tulang belakang sehingga menyebabkan membungkuk, yang dikenal sebagai kyphosis.
  4. Psoriatik Artritis. Arthritis ini adalah efek samping dari penyakit psoriasis. Penyakit ini dilihat dari pembengkakan yang terjadi pada setiap sendi dan biasanya rasa sakit akan dirasakan oleh penderitanya, terutama ruas jari, pergelangan tangan, lutut, tulang selangka, pergelangan kaki dan punggung bawah.
  5. Gout (Asam Urat). Gout adalah hasil kadar asam urat yang tinggi dalam darah, atau biasa disebut orang penyakit asam urat. Rasa sakit tajam berada di sekitar ruas dan pergelangan kaki, penyebabnya mungkin adalah gout.  Rasa sakit nyeri sendi disertai bengkak, kemerahan, dan hangat.
Dengan mengetahui penyebab nyeri sendi, kita lebih bisa berhati-hati dalam menjaga kondisi tubuh dan menerapkan pola hidup sehat yang teratur. semoga artikel ini dapat bermanfaat. hr

{ 3 comments... read them below or add one }

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Rumah Herba FANELIA said...

GAMAT EMAS Mengobati PATAH TULANG Dan NYERI SENDI.
GAMAT EMAS mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati patah tulang dan nyeri sendi. Harga Rp. 195.000,- (70 Kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Telp. 021 - 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

Anonymous said...

ok juga, infonya... trims banget...
bermanfaat buat semua.
makasih...

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...