Cara Merawat Foto Kanvas

Cara Merawat Foto Kanvas

Posted by shinobi apuy on Friday, October 18, 2013

Foto Kanvas
Merawat foto kanvas, apalagi untuk jenis foto kanvas murah tentu nya harus dilakukan. Ini karena dengan merawat foto kanvas khusus nya foto kanvas murah dengan baik maka kualitas foto kanvas akan selalu terjaga. Selain dapat terjaga kualitas nya, merawat foto kanvas murah tentunya akan membuat tampilan nya selalu menarik ketika dipandang.  Foto kanvas seperti yang kita ketahui, kanvas masuk dalam kategori kain namun kekuatan yang jauh lebih baik dari kain biasa.  Memang sebelumnya kanvas dijadikan sebagai media para pelukis untuk melukis. Namun seriring perkembangan zaman dan juga teknologi, kanvas juga bisa digunakan sebagai media cetak digital dalam hal cetak foto.

Foto kanvas juga memerlukan perawatan, apalagi untuk jenis foto kanvas asli. Berikut ini beberapa cara merawat foto kanvas murah namun asli yaitu :
  • Cobalah untuk memasang foto kanvas asli pada rangka/spanram untuk menjaga ketegangan pada kanvas tersebut. Untuk melakukan hal ini, beberapa media seperti papan mdf atau triplek bisa digunakan namun agak sedikit beresiko. Resiko ini akan terkena jika cara penempelannya kurang mahir yang akan berakibat ada nya gelembung udara pada foto kanvas tersebut.
  • Bersihkan foto kanvas menggunakan lap basah atau pun tiner untuk nada yang membandel. Akan tetapi sangat disarankan untuk memakai minyak kayu putih dan dikeringkan dengan kapas. Usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan minyak kayu putihnya, karena takut akan membasahi bingkai. Cara perawatan foto kanvas ini untuk semua jenis foto kanvas mulai dengan harga mahal sampai dengan foto kanvas murah.
  • Usahakan untuk menggantung foto kanvas yang letakknya jauh dari terik matahari. Ini dikarenakan karena foto kanvas asli baik yang mahal maupun foto kanvas murah sama dengan foto yang biasa kita cetak di studio cetak atau lab. Jika terkena langsung dengan sinar matahari secara terus menerus, tentu nya warna akan cepat pudar dengan tanpa kita sadari.
  • Untuk membersihkan kayu pada bingkai foto kanvas murah tersebut, biasakan menggunakan cairan pembersih khusus kayu yang terlebih dahulu disemprotkan pada lap yang lembab. Kemudian usapkan lap tersebut langsung ke permukaan bingkai foto kanvas murah tersebut.
  • Untuk membersihkan debu-debu yang ada dan menempel pada bingkai yang terdapat ukiran-ukiran dengan menggunakan kuas kecil. Kuas kecil ini tentunya bisa menjangkau sela-sela pada ukiran bingkai foto kanvas tersebut.
  • Untuk bagian belakang pada bingkai foto kanvas tersebut haruslah ditutup rapat  dengan kertas dan dieratkan menggunakan lem pada setiap pinggir-pinggir nya dengan isolatif atau lakban. Ini dilakukan untuk mencegah adanya celah yang bisa menjadi sarang serangga mau pun debu.
Silahkan di coba, semoga beberapa cara merawat foto kanvas bisa berguna. –apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...