Tips Menjaga Organ Pernafasan

Tips Menjaga Organ Pernafasan

Posted by shinobi apuy on Wednesday, February 19, 2014

Penyakit Pernafasan kini merupakan penyakit yang banyak diderita oleh para pengungsi  yang menjai korban bencana alam letusan gunung kelud. Penyakit Pernafasan ini ada akibat adanya abu vulkanik yang cukup tebal meliputi kota Kediri sampai Yogyakarta bahkan hampir seluruh daerah di Jawa Timur merasakan dampaknya.

Organ Pernafasan

Penyakit Pernafasan ini disebabkan adanya organ pernafasan yang terganggu. Padahal organ-organ pernafasan ini sangat penting bagi tubuh manusia. Dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tetap bersih merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Tapi bagaimana cara menjaga organ pernafasan, berikut Tips Menjaga Organ Pernafasan :
  • Melakukan penghijauan kembali
Dengan melakukan penghijauan kembali di lingkungan sekitar bisa membuat organ pernafasan bisa berfungsi lebih baik. Selain menjaga organ pernafasan, penghijauan bisa juga menjaga keindahan lingkungan sekitar dan membuat udara kembali bersih.
  • Hindari kebiasaan merokok
Untuk menjaga organ pernafasan bisa dilakukan jika Anda menghindari kebiasaan merokok baik perokok aktif atau pasif. Rokok merupakan biang kerok penyebab penyakit pernafasan hingga mengakibatkan kematian. Maka dari sekarang cobalah untuk tidak merokok demi kesehatan tubuh Anda.
  • Berenang untuk penderita asma
Untuk Anda yang sudah terlanjur menderita asma, maka untuk tetap menjaga kesehatan tubuh sekaligus organ pernafasan maka lakukan olahraga secara rutin seperti berenang. Olahraga renang dipercaya dan banyak dilakukan sebagai terapis bagi para penderita asma.
  • Banyak konsumsi sayuran hijau
Sayuran hijau yang banyak mengandung klorofil  yang banyak dianjurkan karena bisa membantu membersihkan paru-paru sekaligus mengurangi gangguan penyakit pernafasan yang diderita.
  • Minum air putih rutin setelah bangun tidur
Usahakan untuk selalu mengupakayan setiap bangun tidur untuk minum air putih sebanyak 6 gelas. Lakukan ini sebelum Anda mandi dan gosok gigi. Hal ini berguna untuk membersihkan organ pernafasan sehingga bisa terhindari penyakit pernafasan.
  • Hindari minuman beralkohol
Pada dasarnya minuman yang mengandung alkohol akan berdampak tidak bagus bagi tubuh. Selain akan mabuk, dan kehilangan kesadaran, minum alkohol juga bisa mengakibatkan penyakit pernafasan seperti sesak nafas dan ini pasti akan mengganggu Anda.

Jadi, sudah saatnya kita hidup sehat setiap hari. Selain tubuh menjadi lebih sehat dan juga bisa terhindari penyakit-penyakit pernafasan. –apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...