Cara Buat Panci Gosong Kinclong Lagi

Cara Buat Panci Gosong Kinclong Lagi

Posted by shinobi apuy on Wednesday, November 13, 2013

Panci gosong tentu nya pasti akan banyak dialami oleh para ibu ketika selesai memasak. Panci merupakan salah satu peralatan masak yang biasa digunakan ketika memasak. Terkadang panya gosong tersebut, noda nya sulit untuk dibersihkan dan karena hal ini para ibu malah cenderung membiarkan panci gosong tersebut. Para ibu tentu nya tidak perlu khawatir, karena ada langkah cepat yang dapat dilakukan untuk membersihkan panci gosong tersebut dan panci akan kinclong lagi.


Langkah-Langkah Perawatan Peralatan Masak (Panci)

Perawatan Panci Gosong
Perawatan peralatan masak seperti panci gosong bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana dan mudah untuk dilakukan. Seperti yang diberitakan oleh Sheknows, berikut ini beberapa langkah untuk membuat panci gosong kinclong lagi : 


Langkah 1 : Siapkan Pembersih

Membuat sekaligus membersihkan panci sebagai peralatan masak yang gosong dan penuh noda seharus nya tidak memerlukan banyak bahan. Hanya cukup dengan menggunakan 1 cangkir cuka putih dicampur dengan beberapa sendok makan baking soda dan juga air sebagai pelarut nya. Kemudian siapkan juga spons dua sisi di mana satu sisi nya dipergunakan khusus untuk membersihkan permukaan bawah panci. Dan siapkan juga kompor harus dipersiapkan.


Langkah 2 : Mulai Proses Pembersihan

Langkah selanjut nya dalam membersihkan panci gosong, isi panci dengan air sesuai dengan ketinggian panci, namun sisakan untuk penambahan cuka dan baking soda. Kemudian tambahkan cuka ke dalam panci, jika gosong nya sangat besar maka gunakan lebih banyak cuka. Jika gosong nya hanya sedikit, maka cukup sedikit saja cuka yang digunakan. Setelah itu masak campuran air dan cuka tersebut hingga mendidih di atas panci gosong tersebut.


Langkah 3 : Buat Dan Siapkan Cairan Kimia

Setelah campuran air dan cuka tersebut mendidih, kemudian matikan kompor dan angkat panci tersebut dari atas kompor. Biarkan air yang ada di dalam panco gosong tersebut, dan tambahkan baking soda sekitar 2-3 sendok makan dan biarkan sampai terbentuk gelembung soda. Biarkan dan diamkan selama beberapa menit sebelum membuang cairan campuran kimia yang ada di dalam panci gosong tersebut.


Langkah 4 : Gosok Panci

Setelah cairan kimia tersebut dibuang, maka mulailah untuk mengosok dengan spons yang sisi nya kasar sekitar 30 – 45 detik sampai noda gosong di panci mengelupas. Jika noda gosong tersebut sulit untuk dihilangkan, maka tambahkan sedikit lagi baking soda kering di atas nya dan gosok kembali hingga noda nya hilang. Setelah noda gosong nya hilang, maka bilas dengan air bersih dan hasilnya akan terlihat panci gosong menjadi kinclong lagi. 

Semoga beberapa cara praktis buat panci gosong kinclong lagi bisa membantu ibu dalam merawat semua peralatan masak yang dimiliki. –apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...