Pakai Kartu Kredit, Wajib Tahu Ini

Pakai Kartu Kredit, Wajib Tahu Ini

Posted by shinobi apuy on Wednesday, December 4, 2013

Kartu Kredit sekarang sudah menjadi kebutuhan masyarakat di zaman modern dan serba cepat sebagai pengganti uang tunai. Seperti mendapatkan promo diskon menarik di restoran atau kafe, supermarket, pembayaran tiket pesawat dengan hanya memiliki kartu kredit tersebut. Banyaknya kemudahan yang didapatkan jika menggunakan kartu kredit, ini menjadi kebutuhan untuk memiliki kartu kredit semakin tidak dapat dihindari.

Kartu Kredit
Kartu Kredit bukan digunakan bukan hanya memenuhi kebutuhan hidup, namun bisa juga untuk dana darurat ketika salah anggota keluarga mengalami sakit dan butuh pertolongan secepatnya. Padahal dana yang Anda miliki tidak dapat diambil karena berbentuk deposito. Apa pun alasannya, memang terbukti kartu kredit memang bisa memberikan kelonggaran keuangan, walau pun semua hal itu hanya bersifta sementara. Mengapa sementara ? Karena gunakan kartu kredit, Anda harus tetap membayar semua yang telah digunakan sekaligus bunga di mana kini bunga kartu kredit mencapai 3,5%.

Kartu Kredit sebenarnya tidak boleh digunakan dengan sembarangan, apalagi jika berlebihan dalam menggunakannya. Akibat nya akan fatal, karena hutang Anda akan menumpuk. Untuk para pemilik kartu kredit, sebaiknya sebelum pakai kartu kredit, wajib tahu ini, di mana in ada beberapa hal yang wajib diketahui sebelum pakai kartu kredit :
  • Alat Pembayaran
Mengenai kartu kredit yang banyak dianggap sebagai kartu hutang, itu salah kaprah. Namun memang tidak sepenuhnya salah pendapat tersebut. Karena dengan adanya pendapat tersebut, bisa dijadikan sebagai pemicu Anda untuk terus menerus dan berani berhutang. Akan tetapi, sebenarnya anggaplah kartu kredit sebagai alat pembayaran yang sama fungsi nya dengan uang tunai. Jadi, jika tidak punya uang, maka tidak akan bisa berbelanja.
  • Waktu Pembayaran
Karena adanya anggapan bahwa kartu kredit sebagai alat pembayaran, maka Anda harus juga lebih memperhatikan dan memaksimalkan cara pembayaran yang tepat waktu agar tidak terkena bunga. Seperti membayar sebelum tanggal jatuh tempo, jika dalam keadaan terpaksa, maka terpaksa Anda menggunakan kartu kredit sebagai kartu hutang dan itu harus dilunasi.
  • Limit Kartu Kredit
Berapa jumlah limit kartu kredit yang ideal ? Pasti semua orang akan menjawab “setinggi-tinggi”, apakah itu benar ? Sebenarnya jika Anda menganggap kartu kredit sebagai alat pembayaran, maka limit kartu kredit yang ideal adalah lima kali pengeluaran rutin setiap bulannya.
  • Jumlah Kartu Kredit
Ada orang yang lebih memilih mempunyai banyak kartu kredit dengan limit yang sama dibandingkan mempunyai kartu kredit dengan limit yang tinggi. Padahal satu kartu kredit, Anda hanya harus membayar biaya admin tahunan hanya untuk satu kartu saja, bayangkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan jika Anda memiliki banyak kartu kredit ?
  • Menjadi Nasabah Yang Baik
Dengan melunasi hutang kartu kredit yang ada tepat waktu dan sebelum jatuh tempo, maka penerbit kartu kredit akan mengganggap Anda sebagai nasabah yang baik

Sudah yakin untuk menggunakan kartu kredit ? Jika belum, silahkan baca dan semoga ini dapat bermanfaat untuk Anda para pengguna kartu kredit. –apuy-

{ 1 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Hallo Sang Penulis Blog,nama saya Davin Wiriady, saya sangat tertarik dengan informasi blog shinobiapuy terutama artikel terbaru anda yang mengenai Kartu Kredit. Saya mendapat banyak pengetahuan mengenai dasar kartu kredit setelah membaca blog Bapak. Terima kasih sudah mengpostkan artikelnya. :) Sekiranya bolehkah saya melakukan guest blogging di blog Bapak?
Saya dari Intelligent Money(“www.iMoney.co.id”) yang merupakan website perbandingan kuangan terkemuka di Indonesia. Kami memberikan informasi dari tips maupun artikel menarik seputar keuangan sehari-hari di Indonesia untuk menambah pengetahuan pembaca. Kami juga membantu konsumen menghemat uang dan waktu dengan memberikan penjelasan berbagai produk bank di Indonesia. Periksalah website kami jika anda memungkinkan.

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...