Mencegah Perubahan Warna Pakaian

Mencegah Perubahan Warna Pakaian

Posted by shinobi apuy on Wednesday, August 28, 2013

Mencuci Dengan Mesin Cuci
Mesin cuci digunakan untuk memudahkan proses mencuci pakaian. Mesin cuci digunakan bersama dengan detergen bubuk. Banyak dari detergen tersebut menawarkan solusi untuk dapat membuat pakaian putih  menjadi putih cemerlang dan pakaian dengan warna lain tetap sama ketika pertama kali dibeli. Tapi pernahkah kita mencoba bahan-bahan yang terdapat di dapur sebagai pemutih atau pencerah warna ?  Ini mungkin terdengar aneh, karena semua bahan-bahan yang ada di dapur hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja. Akan tetapi, bahan-bahan bumbu masakan ini dapat dijadikan sebagai bahan pemutih atau bahan pencerah warna untuk pakaian ketika dalam proses pencucian dengan mesin cuci.

Mesin cuci plus dengan detergen dapat membuat pakaian putih tetap cemerlang. Pakaian putih ini setelah lama digunakan dan juga di cuci, pasti warna putih akan berubah menjadi krem bahkan abu-abu. Tidak hanya itu, kaos kaki akan tetap terlihat kotor meski telah direndam dengan waktu yang lama. Sehingga banyak yang mengeluh, dan bertanya-tanya detergen apa yang bagus untuk membuat pakaian putih tetap cemerlang ? Nah untuk mencegah perubahan warna terhadap pakaian putih, ada bahan dapur yang digunakan untuk membuat pakaian putih tetap cemerlang  :
  • Baking Soda. Baking soda biasa nya digunakan sebagai bahan untuk membuat adonan kue. Selain itu ternyata baking soda ini bisa dijadikan sebagai bahan pemutih untuk pakaian. Cara nya dengan merendam pakaian putih tersebut ke dalam 4 liter air yang sudah di campur dengan satu cangkir baking soda. Kemudian diamkan beberapa lama, baru lah setelah itu pakaian tersebut di cuci menggunakan mesin cuci.
  • Cuka. Cuka sendiri biasa ditemukan di dapur yang berguna untuk membuat rasa asam pada makanan. Untuk menjaga warna putih pada pakaian, tambahkan cuka putih pada air bilasan yang masih berputar di dalam mesin cuci.
Mesin cuci  untuk semua jenis termasuk mesin cuci Bosch tidak hanya digunakan untuk mencuci pakaian putih, namun pakaian dengan warna lain juga bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Namun perlu diperhatikan detergen yang digunakan dan juga jenis pakaian tersebut warna nya luntur atau tidak.  Tetapi untuk jenis pakaian warna gelap ini juga bisa pudar, akibat nya pakaian bisa terlihat seperti murahan. Tidak usah merasa khawatir, ada cara membuat pakaian warna gelap tetap pekat seperti pertama kali di beli :
  1. Kopi atau Teh. Khusus untuk pakaian dengan warna hitam, untuk membuat warna hitam tetap pekat kopi atau teh bisa jadi bahan detergen bantuan. Cara nya hanya dengan menambahkan air teh atau kopi yang baru saja di seduh atau buat ke dalam air bilasan. 
  2. Garam. Selain pakaian hitam, untuk pakaian yang berwarna gelap seperti navy blue atau plum bisa menggunakan satu cangkir garam dan di campur kan dengan air bilasan.
  3. Cuka dan Garam. Cuka dan garam bisa digunakan untuk pakaian yang berbahan jeans. Untuk itu, sebelum di cuci rendam terlebih dahulu jeans ke dalam air garam atau campuran antara cuka dan garam. Kemudian balik jeans tersebut sebelum di masukkan ke dalam mesin cuci. Buat dan atur lah suhu di dalam mesin cuci tetap dingin.
Demikian beberapa cara mencegah perubahan warna pakaian setelah di cuci menggunakan mesin cuci. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. –apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...