Memilih Mainan Anak 1 Tahun

Memilih Mainan Anak 1 Tahun

Posted by shinobi apuy on Friday, August 30, 2013

Mainan Anak 1 Tahun
Mainan Anak merupakan media belajar untuk meningkatkan daya tangkap otak nya. Mainan anak sangat dibutuhkan, karena pada umum nya bermain adalah sebuah kegiatan yang banyak dilakukan balita. Namun kegiatan bermain ini sebenarnya bukan hanya untuk mengisi waktu anak-anak. Akan tetapi dengan bermain dengan bantuan mainan anak, dapat membantu perkembangan fisik dan juga mental seorang anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua dapat memilih jenis mainan anak yang sesuai dengan usia nya. Ini didasari bahwa setiap tahapan umur pada anak khusus nya balita, anak selalu mempelajari sesuatu yang baru. Mainan anak  yang cocok untuk anak umur 1 tahun dapat dengan mudah ditemui, namun sebaiknya pilihlah mainan yang paling sesuai.

Perihal Perilaku Anak 1 Tahun

Sebelum memilih mainan anak 1 tahun, sebaiknya para orang tua mengetahui beberapa perilaku umum untuk anak berumur 1 tahun. Adapun beberapa perilaku anak berumur 1 tahun adalah :
  • Anak sudah mengerti apa saja yang orang tua ucapkan.
  • Sudah paham dan bisa menirukan apa yang dilakukan oleh kedua orang tua nya.
  • Mempunyai rasa ingin tahu akan sesuatu yang tinggi.
  • Sudah bisa antisipasi apa yang akan orang tua lakukan terhadap nya.
  • Mampu berekspresi perasaan yang dia rasakan, seperti memeluk, mencium, tersenyum, dll.

Mainan Anak Sesuai Dengan Umur

Mainan anak yang dipilih bisa disesuaikan dengan usia nya dan juga perkembangan anak tersebut. Melihat perkembangan anak di atas, beberapa mainan anak yang cocok yaitu :
  • Mobil-mobil an, kereta atau sejenis nya yang bisa dinaiki dan digerakkan dengan menggunakan kaki bukan dengan mesin. Mainan anak jenis ini dapat membantu perkembangan anak dari segi fisik dikarenakan cara memainkan mainan anak ini dengan menggunakan kaki. Selain itu, mainan anak ini bisa membuat anak dapat belajar beberapa kata-kata baru seperti stop, jalan, belok, kiri, dan kanan. Mainan anak ini juga mampu memberikan kepuasan untuk mengetahui lebih banyak hal karena dengan mudah berkeliling sekitar rumah menggunakan mainan anak jenis ini.
  • Rumah-rumah an yang dapat dimasuki dalamnya. Mainan anak jenis ini dikhususkan membantu perkembangan fisik menjadi kuat. Karena menggunakan mainan anak ini, si anak diharuskan merangkak dan berjalan.
  • Walker dilengkapi dengan tombol musik atau suara. Baby Walker ini bisa membantu sang anak dalam proses untuk bisa berjalan. Biasa nya mainan anak ini dilengkapi dengan suara berupa music dengan tombol yang beraneka warna. Sehingga anak akan dilatih untuk daya otak dalam mengingat tombol mana yang harus ditekan untuk mengeluarkan suara tersebut.
  • Mainan anak dengan tema binatang. Mainan anak jenis ini memang tidak melatih gerak motorik pada anak. Namun dengan mainan anak ini, sang anak akan belajar mengenal dan mengingat berbagai jenis hewan.
  • Mainan anak yang membantu untuk mengenal warna, huruf, dan juga bentuk. Biasa nya jenis mainan ini sejenis puzzle. Mainan ini bisa berfungsi untuk melatih daya otak untuk mengingat berbagai jenis warna, bentuk dan juga huruf yang ada di mainan anak tersebut.
Dalam bermain, peranan orang tua sangatlah penting dalam mengawasi dan juga menemani anak bermain dengan mainan nya.  Bermain bersama dengan anak juga bisa melatih proses interaksi antara orang tua dan anak dan juga interaksi anak kepada lingkungan. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...