Solusi Mati Lampu Modern

Solusi Mati Lampu Modern

Posted by shinobi apuy on Tuesday, September 17, 2013

Generator
Solusi Mati Lampu Modern dan terbaik adalah dengan menggunakan generator set atau genset. Solusi Mati Lampu zaman dahulu, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan lilin ketika mati lampu. Akan tetapi yang jelas ada perbedaan ketika menggunakan 2 alat tersebut. Jika dengan genset, seluruh aktifitas yang harus menggunakan energi listrik tetap bisa dilakukan. Namun sebaliknya, jika menggunakan lilin maka aktifitas yang menggunakan listrik akan ikut mati secara otomatis. Menggunakan genset sebagai solusi mati lampu modern tentu nya akan membutuhkan biaya untuk bahan bakar untuk menjalankan mesin genset tersebut.

Genset sebagai solusi mati lampu merupakan  bagian dari generator. Genset adalah sebuah alat yang mengubah enegi mekanik menjadi energi listrik. Sedangkan generator sendiri adalah mesin yang mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Genset digunakan dengan sebagai sistem cadangan energi listrik atau “off grid” yang dapat dipergunakan sebagai sumber energi yang digunakan tergantung kebutuhan si pemakai nya. Konstruksi generator sendiri adalah sebagai berikut : 
  • Rangka stator. Rangka stator pada generator ini terbuat dari besi tuang. Rangka stator ini digunakan sebagai rumah dari bagian-bagian generator lain.
  • Stator. Stator dalam generator mempunyai alur yang merupakan tempat meletakkan lilitan stator. Lilitan stator ini berguna sebagai tempat proses GGL induksi.
  • Rotor. Rotor adalah bagian dari generator yang selalu berputar. Pada bagian generator ini terdapat katub magnet yang dilengkapi dengan lilitan yang berisi arus secara searah, di mana arus ini melewati cincin geser dan bagian sikat-sikat yang ada di dalam generator. Untuk kutub magnet generator yang biasa digunakan : 
  • Kutub magnet dengan bagian kutub yang menonjol (salient pole). Ini biasa digunakan hanya untuk putaran dengan skala rendah.  Namun jumlah kutub yang digunakan dalam jumlah yang banyak. Untuk kutub magnet ini mempunyai diameter rotor yang besar, namun mempunyai poros pendek.
  • Kutub magnet dengan bagian kutub yang tidak menonjol (non salient pole). Khusus kutub jenis ini digunakan untuk putaran tinggi atau dengan kecepatan 1500rpm – 3000rpm. Untuk putaran ini, jenis kutub yang digunakan hanya sedikit atau 2/3 dari seluruh permukaan rotor.
  • Cincin geser. Bagian ini terbuat dari tembaga atau kuningan yang dipasang pada poros dengan menggunakan bahan isolasi sebagai perekatnya. Cincin geser ini juga dilengkapi dengan slip ring yang terus berputar secara bersamaan dengan poros dan juga rotor.
  • Generator penguat. Generator penguat ini digunakan sebagai sumber arus yang merupakan generator arus searah.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...