Usaha Mencegah Osteoporosis

Usaha Mencegah Osteoporosis

Posted by shinobi apuy on Monday, September 9, 2013

Osteoporosis
Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang melibatkan sendi yang diakibatkan penipisan tulang rawan sendi. Osteoporosis atau penipisan tulang rawan sendi ini termasuk penyakit yang cukup serius, namun banyak orang yang tidak menyadari akan hal ini. Resiko penyakit Osteoporosis  akan menyebabkan pengeroposan tulang rawan sendi yang berakibat tulang patah. Selain makanan, pola hidup yang  jarang bergerak akan mengakibatkan seseorang mudah terkena osteoporosis. Biasa nya Osteoporosis ini akan dialami oleh para orang tua yang mengalami kerapuhan dan kelemahan tulang rawan sendi saat umur 30 – 35 tahun.

Osteoporosis sendiri bisa dihindari dengan melakukan tindakan pencegahan dimulai sejak masa anak-anak. Tetapi sebenarnya, cukup dengan memperhatikan makanan dan gaya hidup yang baik untuk kesehatan tulang khusus nya tulang rawan sendi. Beberapa usaha mencegah osteoporosis :
  • Mengubah pola hidup kurang bergerak menjadi lebih aktif. Carilah dan manfaatkan semaksimal mungkin waktu yang ada untuk meningkatkan aktifitas fisik untuk banyak bergerak. Misal nya  banyak berjalan kaki. Aktifitas ini sangat bagus dan efektif untuk kesehatan tubuh, berjalan kaki juga dapat mempertahankan kalsium dalam tubuh khusus nya tulang rawan sendi. Ini dikarenakan gaya gravitasi  dengan melalui tulang akan dirubah menjadi gaya elektrik oleh tubuh.
  • Lakukan olahraga ringan. Bagi pekerja kantoran yang waktu nya sangat singkat, biasakan untuk memanfaatkan waktu untuk melakukan  oleharga ringan. Seperti menggerakkan tangan dan kaki atau dengan mengangkat beban. Lakukan ini secara rutin, karena ini sangat bagus untuk mempertahankan kalsium di dalam tubuh sehingga akan membuat tulang menjadi lebih kuat.
  • Lakukan juga aktifitas olehraga yang terprogram seperti 3-5 kali dalam 1 minggu, namun perlu diperhatikan dalam melakukan olahraga jangan sampai over training.
  • Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Untuk kesehatan tulang tubuh, disarankan untuk memilih makanan yang mengandung banyak kalsium atau vitamin untuk tulang.
  • Usahakan untuk mengurangi makanan yang dapat memicu terjadinya osteoporosis, seperti junk food atau minuman yang banyak mengandung kafein seperti minuman ringan, kopi, teh, dan minuman yang mengandung alkohol.
  • Konsumsi juga vitamin D untuk membantu dalam menyimpan kalsium dalam tulang khusus nya tulang rawan sendi, misal nya saja dengan minum susu. Susu yang dikonsumsi tentu nya harus yang rendah lemak.
Demikian beberapa tips dalam mencegah osteoporosis, semoga berguna. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...