Berita Financial : 30% Pasar Obligasi Indonesia Dikuasai Asing

Berita Financial : 30% Pasar Obligasi Indonesia Dikuasai Asing

Posted by shinobi apuy on Thursday, November 22, 2012


Berita Finansial
Berita Financial yang sedang hangat dan banyak diperbincangkan baik di media online dan media offline sekarang adalah banyaknya pasar obligasi Indonesia dikuasai sebanyak 30% oleh orang asing yang berinvestasi di beberapa perusahaan indonesia. Ini dikuatkan oleh pernyataan dari Kepala Kantor ADB untuk Integrasi Ekonomi Regional Iwan Azis mengatakan, secara regional porsi asing dalam pasar obligasi Indonesia lebih tinggi dibanding Malaysia sebesar 20% dan Filipina yang hanya 15%.

"Meskipun dari sisi positifnya, ini bisa dilihat dari meningkatnya kepercayaan international terhadap pasar obligasi domestik," ujarnya dalam Launch Asia Bonds Monitor ADB di Jakarta, Kamis (22/11/2012). Di sisi lain, Iwan melihat ada ruang besar di pasar obligasi yang belum dimanfaatkan Indonesia untuk melibatkan investasinya, yaitu di obligasi korporasi. "Masih banyak perusahaan-perusahaan yang belum terlibat dalam pasar obligasi ini sehingga dukungannya sangat diperlukan, di samping obligasi yang dikeluarkan pemerintah," katanya.

Iwan mengatakan, obligasi sebagai salah satu sumber dana yang secara jangka panjang sangat diperlukan bagi pembangunan suatu negara. Obligasi ini ada yang bersumber dari bank dan non bank. Beliau juga berujar, "Jikau masih semata mengandalkan pemerintah dalam obligasi, maka pasar akan sangat ditentukan oleh perekonomian negara."

Demikian berita finansial yang membahas tentang pasar obligasi Indonesia di sebagian besar di kuasai oleh pihak asing. Semoga memberikan manfaat. hr

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...