Alat Transportasi Jakarta Tempo Dulu

Alat Transportasi Jakarta Tempo Dulu

Posted by shinobi apuy on Saturday, June 22, 2013

Alat Transportasi Jakarta
Ibukota Jakarta hari ini merayakan HUT ke 486 tahun. Saat ini Jakarta telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat di segala bidang salah satunya termasuk bidang transportasi yang makin maju. Pemerintah kota Jakarta dibawah pimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru, yaitu Jokowi dan Ahok beserta seluruh jajarannya terus berupaya untuk selalu mengusahakan yang terbaik bagi Jakarta sehingga dapat terus maju. Apalagi sekarang Jakarta mempunyai segudang masalah khususnya dalam hal transportasi yaitu macet, dan sebagaimana kita ketahui makin lama Jakarta semakin macet.

Seiring dengan perkembangan kota Jakarta, alat transportasi pun berubah mengikuti perkembangan yang ada. Alat transportasi Jakarta tempo dulu sekarang tidak lagi ditemukan di ibukota Indonesia ini. Hal ini karena Jakarta sebagai Ibukota negara terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang dibarengi dengan kemajuan teknologi. Saat ini hanya di wilayah tertentu saja anda dapat melihat alat transportasi Jakarta tempo dulu masih beroperasi.  Jenis alat transportasi ini mulai tergeser dengan alat transportasi modern seperti, bus transjakarta, taksi, monorel yang akan segera dibangun, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, sekarang penduduk Jakarta banyak yang lebih memilih untuk berkendara dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Namun dalam rangka HUT Jakarta kali ini, perlu kita ketahui beberapa alat transportasi Jakarta tempo dulu yang seharusnya menjadi perhatian dari Pemda Jakarta, yaitu :
  1. Becak. Becak merupakan salah satu alat transportasi Jakarta tempo dulu yang sudah jarang terlihat beroperasi akhir-akhir ini. Becak sendiri merupakan alat transportasi yang beroda tiga dengan pengemudi berada di belakang. Becak merupakan salah satu alat transportasi yang cara kerjanya tidak memerlukan bahan bakar dan hanya menggunakan tenaga manusia untuk mengayuh roda becak itu. Namun, banyak pendapat yang ada becak tidak manusiawi karena menggunakan tenaga manusia dan tidak jarang jarak tempuh yang harus dilalui tidak menentu tergantung permintaan dari penumpang nya. Becak sendiri telah dilarang untuk beroperasi oleh Pemda Jakarta sekitar tahun 1980-an sampai sekarang.
  2. Bemo. Bemo yang merupakan singkatan dari “becak motor” adalah alat transportasi roda tiga dengan menggunakan bahan bakar bensin. Bemo ini merupakan alat transportasi produksi negara Jepang, namun berbeda dengan di Indonesia, di negara sakura bemo merupakan angkutan untuk barang. Bemo ini mulai dioperasikan di Jakarta pada awal tahun 1962. Bemo sendiri di maksudkan untuk menggantikan peran dari becak. Selain di Jakarta, bemo juga menjadi alat transportasi di beberapa wilayah Indonesia seperti Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Padang, Denpasar. Namun operasional becak mulai dibatasi dan pada tahun 1971 sampai dengan sekarang bemo tidak boleh lagi beroperasi.
  3. Helicak. Helicak berasal dari singkatan dari “helikopter becak”. Alat transportasi ini adalah gabungan dari becak dan helikopter. Alat transportasi dapat ditemukan pada tahun 1970-an, dan pertama diluncurkan pada tahun 1971.  Mesin dan bodi utama dari alat transportasi ini merupakan sebuah skuter Lambretta asal Italia. Jenis alat transportasi ini diciptakan untuk mengganti fungsi becak yang dirasa kurang manusiawi dan juga bemo. Akan tetapi, alat transportasi ini secara perhalan hilang dan tidak digunakan lagi sekarang karena kurangnya perhatian dan konsistensi dari Pemda DKI Jakarta dalam menyediakan alat transportasi rakyat. 
Demikian informasi menarik mengenai beberapa alat transportasi Jakarta tempo dulu. Semoga bermanfaat. apuy

{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

Makasih udah share sob, blog yang bermanfaat ........................


bisnistiket.co.id

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...