Tips Hunting Foto Pakai Smartphone

Tips Hunting Foto Pakai Smartphone

Posted by shinobi apuy on Wednesday, June 26, 2013

Hunting Foto Pakai Smartphone
Smartphone dengan aksesoris smartphone khusus fotografi ternyata juga bisa digunakan untuk belajar fotografi. Ini dibuktikan dengan terus berkembang nya kualitas dan kapasitas atau pixel yang diberikan para provider smartphone dengan mengeluarkan produk-produk smartphone terbaru. Namun memang secara kualitas hasil foto dengan menggunakan kamera SLR atau DSLR akan jauh lebih baik daripada foto menggunakan smartphone. Mungkin bagi para penggemar fotografi, hunting foto dengan smartphone yang menggunakan smartphone khusus merupakan konyol. Karena tidak akan mungkin dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang sempurna. Tapi mungkin bagi Anda yang baru akan mencoba masuk dalam dunia fotografi, cara hunting foto dengan smartphone mungkin bisa menjadi satu alternatif pengganti dari kamera SLR atau DSLR.

Nah, kita semua sudah tahu jika harga kamera SLR atau DSLR akan jauh lebih mahal. Namun sekarang, banyak merk dan jenis smartphone yang memiliki harga yang hampir menyamai kamera SLR atau DSLR tersebut. Untuk perawatan nya, smartphone paling mudah karena tidak memerlukan hal khusus dalam merawat nya. Lain hal jika Anda mempunyai kamera SLR atau DSLR, di mana butuh dana yang tidak sedikit untuk membeli dan juga perawatan nya. Khusus untuk pengguna smartphone, berikut tips hunting foto pakai smartphone :
  1. Cari objek yang kecil. Karena terbatas nya lensa kamera pada smartphone dari segi ketajaman nya, maka akan lebih baik untuk mengambil foto dengan objek  yang kecil supaya lebih fokus hasil fotonya. 
  2. Tahan nafas. Untuk hal ini kurang lebih sama dengan mengambil foto menggunakan kamera SLR atau DSLR. Ini dilakukan untuk mendapatkan konsentrasi agar fokus gambar yang akan diambil menjadi fokus  dan tidak blur. Pengambilan gambar ini dengan tahan nafas bisa untuk serangga atau benda yang mudah goyang jika terkena angin. Dengan menahan nafas, ini akan meminimalisasikan guncangan dengan gerakan tubuh kita.
  3. Menggunakan handgrip atau tripod. Penggunaan tripod sangat baik untuk membantu menghindari guncangan ketika mengambil sebuah objek dengan smartphone.  Sedangkan dengan menggunakan handgrip, ini akan membuat kita merasa nyaman untuk mengambil pose dan juga menyentuh tombol capture.  Namun tidak semua merk dan jenis smartphone yang menyediakan alat pendukung ini, hanya pada iPhone yang sudah mengeluarkan handgrip atau triop.
  4. Atur komposisi dengan baik. Komposisi untuk seorang fotografer adalah hal wajib untuk dilakukan.  Ini dilakukan untuk menghasilkan foto terbaik di setiap pose atau angel pada saat pengambilan gambar.  Untuk pengguna smartphone tidak usah khawatir, karena fitur untuk memainkan komposisi seperti komposisi sepertiga bidang, low angel, diagonal dengan sebebas mungkin.
  5. Edit dengan rapi. Foto merupakan hal yang tidak lepas dengan proses editing, karena dengan mengedit foto akan membuat hasil menjadi lebih baik. Selain itu dengan edit foto, akan juga menghasilkan foto yang bagus walaupun hasil sebenarnya sangat buruk.
  6. Cari aplikasi fotografi yang cocok. Untuk pemilik smartphone yang ingin mendapatkan hasil foto dengan kualitas terbaik, maka berusaha untuk mencari aplikasi pendukung hobi foto anda. Aplikasi foto tersebut ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Jadi, anda pilih yang mana ?
Demikian informasi menarik tentang tips hunting foto dengan smartphone, semoga ini dapat membantu anda dalam menyalurkan hobi foto meskipun hanya mempunyai smartphone saja. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...