Mengenal Kompor Gas

Mengenal Kompor Gas

Posted by shinobi apuy on Monday, June 3, 2013

Kompor gas merupakan salah satu peralatan masak yang digunakan para ibu dalam mematangkan masakan. Di pasaran, kompor gas tersedia dengan berbagai macam model, mulai dari warna dan ukuran yang bisa menjadi pilihan untuk menyamakan dengan warna dapur anda. Selain model nya yang bervariasi, dari segi harga kompor gas memiliki harga yang bervariasi mulai dari harga yang murah sampai dengan harga kompor dengan harga yang mahal. Murah dan mahal nya harga kompor gas, bisa dilihat dan diukur dari segi merk kompor gas tersebut. Karena banyak orang yang berpendapat jika membeli produk kompor gas dengan merk yang terkenal, maka kualitas akan kompor gas tersebut sudah terjamin dan terbukti tahan lama.

Kompor Gas

Kompor Gas Dan Para Pendukungnya

Kompor gas sendiri merupakan bagian dari salah satu peralatan masak yang juga merupakan bagian dari peralatan dapur yang didesain dan dirancang untuk memudahkan dan mempercepat proses masak dengan gas sebagai bahan bakar nya. Selain gas bahan bakar kompor gas, pipa dan katub regulator sebagai alat penghubung antara tabung gas ke kompor gas. Pipa gas ini berfungsi sebagai media penyalur gas dari tabung gas ke kompor gas. Sedangkan untuk katub regulator tabung gas ini digunakan sebagai konverter kit tabung gas. Katub regulator ini sebagai penyalur aliran gas dari tabung gas ke kompor gas pada saat ingin digunakan.

Jenis Kompor Gas

Ada 3 jenis sumber daya untuk pengapian api pada kompor gas, seperti pemantik tumbuk, batu baterai, dan listrik jaringan. Untuk jenis kompor gas yang menggunakan pemantik tumbuk sebagai sumber daya dalam proses penyalaan api ini banyak dan sangat cocok digunakan untuk daerah pedalaman yang belum terjangkau listrik. Jika kompor gas ini rusak, maka perbaikkan nya adalah sangat mudah dengan mengganti pemantik yang baru dengan harga yang terjangkau. Untuk kompor gas yang menggunakan batu baterai dan listrik sebagai sumber penyalaan api mempunyai kelebihan pada saat kompor gas tersebut digunakan tidak akan menimbulkan suara yang berisik pada saat menyalakan kompor gas tersebut. Namun kelemahan nya, jika kompor gas tersebut mengalami kerusakan pada kumparan nya, maka akan sangat sulit mencari pengganti kumparan kompor gas tersebut dan harganya pun cukup mahal. Untuk mengenal kompor gas, ada baiknya mengetahui jenis kompor gas yang banyak digunakan oleh masyarakat antara lain :
  1. Kompor Gas Meja. Dari nama kompor gas ini, sudah pasti penempatan kompor gas jenis ini menggunakan meja dapur. Kompor gas meja ini merupakan jenis dari kompor gas yang banyak diminati dan menjadi pilihan para ibu sebagai alat memasak, karena harga nya yang terjangkau dan perawatan nya pun mudah untuk dilakukan sendiri. Untuk tungku perapian nya, jenis kompor gas ini ada yang memiliki jumlah yang beragam mulai dari 1, 2 sampai 3 tungku perapian. Namun yang banyak digunakan para ibu adalah jenis kompor meja yang memiliki 2 tungku perapian, sehingga dapat memasak 2 jenis masakan dalam waktu yang bersamaan. Beberapa merk kompor gas jenis ini biasa nya dilengkapi dengan panggangan sehingga memudahkan ibu untuk memasak masakan dengan menggunakan cara memanggang.
  2. Kompor Gas Oven. Jenis kompor gas ini terbilang lebih mewah dari kompor gas meja, karena dari segi jumlah tungku kompor gas yang digunakan lebih banyak. Jumlah tungko kompor gas oven ini biasanya berjumlah 4 sampai 5 tungku. Jika kita melihat dari tampilan kompor gas oven ini, kompor gas oven ini seperti peti atau kotak yang memiliki pintu pada sisi depan kompor gas tersebut. Ruang dalam kompor gas ini merupakan ruang yang didesain sebagai tempat pemanggangan dan juga sebagai tempat menyimpan tabung gas. Selain digunakan untuk memasak, kompor gas jenis oven ini bisa dimanfaatkan untuk memanggang roti, kue, keratan daging, dan ayam dalam bentuk yang utuh karena tempat pemanggangan adalah cukup besar. Jenis kompor gas jenis oven ini merupakan kompor gas dengan harga yang cukup mahal dalam segi harga dan biaya perawatannya. apuy

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...