Fakta Menarik Seputar Pengguna Internet Bali

Fakta Menarik Seputar Pengguna Internet Bali

Posted by shinobi apuy on Wednesday, May 29, 2013

Internet Bali merupakan media yang digunakan khusus untuk masyarakat dalam mengakses informasi terbaru. Internet bali juga banyak digunakan masyarakat bali sebagai pilihan bisnis dengan membuka bisnis online yang setiap hari makin banyak peminatnya. Bisnis online yang membutuhkan koneksi internet ini bukan hanya masyarakat bali dengan akses internet bali saja, namun seluruh daerah di Indonesia sudah menggunakan jaringan internet untuk berbagai hal. Akses internet bali juga banyak diberikan di berbagai tempat di bali seperti hotel, restoran, cafĂ©, dan tempat-tempat wisata bali juga. Kenapa internet bali ?  Menurut banyak penelitian dengan metode survei yang dilakukan tahun 2012 lalu, banyak pengguna internet bali adalah dari semua kalangan mulai dari muda sampai dewasa merupakan pengguna internet bali.
Pengguna Internet Bali

Pengguna internet bali menurut survei yang dilakukan BPS (Badan Pusat Statistik) para tahun 2009 lalu adalah sebesar 450.000 orang. Jumlah ini di kalkulasikan menjadi sebesar 13%  dari total penduduk bali yang menggunakan internet bali, di mana penduduk bali berjumlah 2,3 juta. Dari penelitian dengan menggunakan metode survei melalu pengisian secara online, maka di dapat hasil dan analisis berupa 10 fakta menarik pengguna internet bali, antara lain :
  1. Pengguna internet bali dominan adalah laki-laki yang berusia muda. Banyak di antara pengguna jaringan internet bali yang menjadi dominan adalah laki-laki.  Dan dari sisi usia, banyak pengguna internet bali sebagian besar berusi muda atau kurang dari 30 tahun.
  2. Pengguna internet bali banyak yang bependidikan tinggi.  Untuk pengguna internet bali dari segi tingkat pendidikan nya, sebagian besar di dapat dari lulusan universitas baik untuk D3 dan juga S1. Bahkan untuk lulusan master atau doctor (S2) cukup banyak. Jumlah ini tentu nya lebih besar dibandingkan dengan pengguna internet bali yang lulusan SMP dan SMU.
  3. Pengguna internet bali berdasarkan jenis pekerjaan. Untuk faktor jenis pekerjaan ini, pengguna internet bali di dominasi oleh para karyawan swasta dengan raihan sebanyak 36%.  Untuk kalangan pelajar atau mahasiswa ada di bawahnya sebanyak 35,7% pengguna internet bali. Selain karyawan swasta dan mahasiswa, ada juga dari para wiraswasta yang berada di urutan ketiga dengan persentasi sebanyak 12,6%.
  4. Internet bali masih berpusat di wilayah bali bagian selatan. Awal kehadiran internet bali, adalah pada daerah bali bagian selatan yaitu Denpasar dan sekitarnya. Dan untuk kali ini pengguna internet bali masih banyak berada di wilayah tersebut, dan ini mencapai hampir 85%. Data ini menunjukkan bahwa masih ada hal yang masih harus diperbaiki yaitu tingkat jurang pemisah atau gap yang terjadi antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan.
  5. Pengenalan internet pada saat awal masuknya internet bali. Beberapa koresponden menyatakan bahwa banyak diantara mereka mengetahui internet pada saat pertama kali internet bali masuk pada akhir tahun 2000. Awal mula internet bali ada dengan munculnya internet service provider atau ISP di Bali dan warung internet bali yang ada di kota Denpasar dan Kuta. Didapati sebagian besar atau sekitar 41,4% dari penduduk kota Bali belajar internet pertama kali sekitar 10 tahun lalu atau pertengahan 1990.
  6. Hemat dengan menggunakan internet. Harga layanan internet khususnya layanan internet bali yang makin terjangkau, maka banyak penduduk bali ini makin banyak yang menggunakan internet untuk melakukan aktifitas. Dan ini terbukti dari sebagian besar penduduk bali mengalokasikan dana untuk menggunakan layanan internet bali ini. Mulai dari Rp 10,000 – Rp 100,000, para pengguna internet bali ini mengalokasi dana nya setiap  bulan untuk menggunakan layanan internet bali.
Ternyata semua pengguna internet khususnya internet bali ini saadar betapa penting dan bermanfaat nya internet dalam kehidupan mereka. Semoga ini dapat berguna sebagai tambahan informasi untuk anda. apuy

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...