Mengenal Jenis Kertas Cetak Foto

Mengenal Jenis Kertas Cetak Foto

Posted by shinobi apuy on Tuesday, May 21, 2013

Cetak foto kanvas sekarang banyak ditawarkan oleh banyak studio cetak foto untuk memberikan hasil yang terbaik. Selain studio foto yang menawarkan, para fotografer juga selalu memberikan pilihan untuk cetak foto kanvas baik untuk foto keluarga, foto pre wedding, foto pernikahan. Karena menurut para fotografer, menggunakan kanvas sebagai media untuk cetak foto dapat menghasilkan hasil foto yang luar biasa. Selain itu cetak foto kanvas ini tidak membutuhkan kaca sebagai pelindung foto tersebut, karena akan terlihat berbeda ketika di pajang. Untuk cetak foto kanvas sendiri disarankan untuk ukuran foto yang akan di cetak menggunakan kanvas adalah ukuran yang besar seperti 20r, 24r, dsb.

Cetak Foto Kanvas


Kanvas sendiri merupakan salah satu jenis dari kain, namun kanvas ini mempunyai kekuatan yang lebih baik daripada kain biasa. Sebelumnya kanvas ini digunakan banyak digunakan sebagai bahan pembuat tas dan sepatu untuk sebuah bisnis fashion. Namun jauh sebelum itu, kanvas merupakan bahan atau media yang digunakan para pelukis untuk menyalurkan pikiran menjadi lukisan yang bagus. Kanvas di tambah dengan cat warna dan minyak sebagai peralatan sang pelukis dalam membuat sebuah lukisan. Bahan pembuat kanvas sendiri terdiri dari linen atau sejenis kain katun yang mempunyai tekstur khas. Seiring perkembangan teknologi, kanvas sekarang dimanfaatkan dalam dunia fotografi sebagai bahan untuk cetak foto, akan tetapi kanvas yang digunakan dalam cetak foto kanvas ini tidak sembarangan. Karena dibutuhkan mesin cetak foto khusus yang digunakan untuk cetak foto kanvas. Mesin cetak tersebut dilengkapi dengan teknologi canggih dan memakai tinta pigmen yang dapat tahan dalam jangka waktu yang lama.

Namun dalam bisnis fotografi khusus untuk cetak foto, selain kanvas sebagai bahan untuk cetak foto ada beberapa jenis kertas cetak foto antara lain :
  1. Premium Glossy Photo Paper. Kertas cetak foto ini sering disebut dengan high glossy yang mampu memberikan hasil cetak foto dengan efek lebih mengkilau. Jenis kerta cetak foto ini sangat cocok untuk jenis foto yang memiliki resolusi tinggi, karena akan membuat hasil cetakan menjadi lebih maksimal dan juga lebih cerah.  Namun kelemahan dari kertas cetak foto ini adalah dari segi harga yang jauh lebih mahal.
  2. Double Side Paper. Biasanya bahan cetak foto ini digunakan untuk keperluan mencetak pamphlet yang di gantung. Kenapa demikian ? karena dua bagian dari kertas ini depan maupun belakang dapat digunakan. Hasil cetafoto dengan kertas ini cenderung tidak mengkilau dan doff, namun masih tetap akan terlihat bagus.
  3. Laster Photo Paper. Jenis kertas cetak foto ini juga cocok untuk foto yang memiliki resolusi tinggi. Selain itu hasil cetak foto dengan menggunakan kertas ini dapat menimbulkan efek kulit jeruk dan juga doff. Kelebihan kertas foto ini adalah kualitas kertas cetak foto yang dapat bertahan lama, sehingga foto akan lebih tahan lama dan tidak mudah pudar dari segi warna.
  4. Glossy Photo Paper. Jenis kertas foto ini terbilang bagus, namun harga yang terjangkau. Biasa nya kertas foto ini digunakan untuk cetak foto standard dan banyak digunakan oleh studi cetak foto kecil. Kualitas kerta cetak foto ini warna nya yang putih dan mengkilap, selain itu mampu memberikan hasil cetak foto yang bagus.
  5. Inkjet Paper. Jenis kertas foto ini banyak digunakan dikalangan arsitek, karena berhubungan dengan keperluan grafis seperti proof arsitektur rumah, dsb. Kualitas jenis kertas foto ini lebih bagus dari pada HVS  biasa, karena ini terletak pada kualitas tinta yang prima dan bagus, selain itu lebih cepat kering.
  6. Sublim Paper. Kertas cetak foto ini banyak digunakan untuk media untuk memindahkan foto atau gambar ke kaos. Jenis kertas cetak foto ini mampu memberikan hasil yang maksimal dalam hal pemindahan tinta ke kaos. Jenis kertas ini sangat cocok digunakan untuk bisnis sablon kaos digital karena kualitas gambar yang dipindahkan tidak akan pecah, namun ini semua tergantung dari proses pengeditan foto atau gambar tersebut.
Semoga artikel yang memberikan informasi tentang jenis kertas untuk cetak foto dapat berguna.  Selamat memilih, apuy

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...