Singkat Mengenai Kredit Perumahan Rakyat

Singkat Mengenai Kredit Perumahan Rakyat

Posted by shinobi apuy on Friday, May 17, 2013

Kredit perumahan rakyat sekarang banyak ditawarkan oleh banyak bank, seperti Bank Mandiri dengan meluncurkan program Mandiri KPR. Tidak hanya Bank Mandiri yang menawarkan program Mandiri KPR, namun banyak bank baik bank swasta maupun bank pemerintah sampai kepada bank syariah yang menawarkan program ini untuk memberikan solusi untuk memiliki hunian sebagai tempat tinggal bagi masyarakat yang tingkat penghasilan dari menengah ke bawah. Kebutuhan akan rumah sebagai tempat tinggal semakin meningkat, karena bisa dibilang memiliki sebuah rumah merupakan salah satu cara investasi untuk masa depan keluarga. Tidak hanya bank konvensional yang menawarkan program KPR ini, akan tetapi bank syariah juga ikut memberikan penawaran berupa KPR syariah. Masing-masing bank tersebut pasti mempunyai kelebihan dan juga kekurangan yang berbeda-beda.

Mandiri KPR

Sekedar informasi bahwa setiap bank yang menawarkan program KPR ini, termasuk Bank Mandiri dengan Mandiri KPR nya biasanya pihak bank tidak akan pernah mau untuk membayar rumah tersebut secara keseluruhan atau 100%. Akan tetapi bank hanya akan membayar rumah untuk program Mandiri KPR ini hanya sebesar 70% dari harga rumah dan untuk sisa 30% nya, nasabah yang harus melunasi nya. Dalam pengajuan program KPR ini, para nasabah akan diberikan syarat berupa memberikan dokumen di mana harus dapat dilengkapi pada saat pengajuan kepada bank. Todak sampai di situ saja, peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak bank juga harus dipenuhi baik sebelum pengajuan program KPR disetujui atau pun belum. Pada kenyataan yang ada di lapangan, bahwa tidak semua permohonan pengajuan KPR ini disetujui oleh bank, biar pun semua data diri dan dokumen telah dilengkapi oleh nasabah. Ini dikarenakan bahwa biasanya bank mempunyai kriteria sendiri dalam memberikan persetujuan pengajuan program KPR ini. Namun, tetap dari pihak bank akan selalu memeriksa setiap permohonan pengajuan program KPR yang masuk.

Nah, beberapa kriteria penting yang di inginkan oleh bank kepada setiap nasabah yang ingin mengajukan program KPR khusus nya Mandiri KPR antara lain :
  1. Usia nasabah maksimal 50 tahun ketika mengajukan permohonan program Mandiri KPR. Mengingat usia produktif seseorang yang maksimal sampai pada usia 50 tahun, maka pihak Bank Mandiri menentukan batas usia maksimal untuk mengajukan permohonan Mandiri KPR adalah 50 tahun.
  2. Sudah bekerja sebagai karyawan tetap dan pastinya memiliki penghasilan. Ini bisa dibuktikan dengan melampirkan dokumen-dokumen pelengkap seperti surat keterangan karyawan tetap dan slip gaji. Penghasilan yang didapat itu harus besarnya minimal 3 kali lebih besar dari cicilan KPR yang dipilih setiap bulan, jika program KPR ini disetujui oleh pihak bank.
  3. Sejarah hutang pada bank harus baik dan tidak pernah ada masalah. Bank akan selalu memeriksa sejarah hutang yang pernah dilakukan oleh nasabah yang mengajukan permohonan program kredit perumahan rakyat melalui bank, dalam hal ini program Mandiri KPR dari Bank Mandiri.
Semoga informasi singkat mengenai kredit perkreditan rumah ini dapat berguna bagi Anda yang sudah mempunyai renca ingin memiliki rumah dengan cara mengajukan permohonan KPR kepada bank. apuy

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...