Mengenal Sejarah Singkat Lemari Es

Mengenal Sejarah Singkat Lemari Es

Posted by shinobi apuy on Monday, May 20, 2013

Semua orang pasti tidak  asing dengan peralatan rumah tangga, yaitu lemari es. Produk lemari es ini juga pasti ada di setiap rumah, karena lemari es merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang penting dan banyak manfaat nya. Lemari es atau biasa disebut masyarakat dengan sebutan kulkas ini adalah peralatan rumah tangga listrik  yang menggunakan alat pendingin atau refrigator dengan proses refrigasi (proses pendingin) untuk membantu dalam masalah pengawetan makanan. 

Jenis lemari es sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu lemari es  dengan 1 pintu dan lemari es dengan 2 pintu. Dalam lemari es kemudian dibagi kembali menjadi 2 bagian, di mana terdiri dari lemari pendingin dan lemari pembeku. Cara kerja dari lemari es  dengan menggunakan pompa panas pengubah fase  yang beroperasi di dalam sebuah putaran refrigeration. Selain  sebagai peralatan rumah tangga, lemari es ini banyak digunakan untuk keperluan bisnis dan banyak tempat seperti supermarket, dan restoran dalam menyediakan pilihan minuman dingin.

Kita sudah semua saling mengetahui bahwa penggunaan lemari es ini membutuhkan daya atau kapasitas listrik yang cukup besar. Karena itu lah, yang banyak menjadi pertimbangan masyarakat sebelum membeli mesin pendingin untuk melengkapi peralatan rumah tangga. Maka diperlukan beberapa trik dan cara membuat lemari es hemat listrik, sehingga tagihan listrik setiap bulan tidak besar dan seluruh kebutuhan dapat terpenuhi.

Lemari Es

Lalu, bagaimana dengan penemuan atau sejarah singkat lemari es ini?  Kita semua sudah paham dan tahu manfaat dari lemari untuk menyimpan makanan, namun bagaimana dengan orang-orang dulu dalam menyimpan makanannya ?  Untuk orang-orang Romawi kuno, cara menyimpan makanan dengan cara menggunakan es batu yang dibawa dari gunung es langsung. Sedangkan di negara meksiko, para penduduk nya yaitu suku Aztek menyimpan dan mengawetkan makanan dengan salju dengan tempat berupa lubang yang dilengkapi dengan kayu dan jerami pada bagian dasar nya. 

Di negara cina, dalam mengawetkan dan menyimpan makanannya dengan menggunakan benda dari logam yaitu tembaga. Orang cina menyebut nya” Tembaga Jian” sebagai tempat untuk menyimpan persediaan makanan dan minuman mereka. Namun tembaga jian tersebut tidak menggunakan listrik. Tembaga jian ini berbentuk kotak yang mempunyai 2 lapisan, yaitu lapisan bejana untuk menyimpan botol dan lapisan tembaga  untuk menyimpan makanan.

Nah, pada abad ke 18, ilmuan dari Inggris mulai untuk membentuk lemari es  yang lebih praktis dan mudah dalam penggunaannya. Pada waktu itu, lemari es yang berhasil dibentuk  mempunyai ukuran yang besar dan terbuat dari besi sehingga sangat berat. Nah pada tahun 1876, seorang ilmuan yang berasal dari Jerman bernama Carl Paul Gotfried Von Linde sebagai penggagas mesin pendingin atau lemari es  yang jauh lebih baik dari segi bentuk dan ukuran nya.  Beberapa tahun kemudian, tepat nya pada tahun 1911  sebuah perusahaan Perancis  “General Electric Company” di bawah pimpinan Abbe Audiffren  yang menciptakan alat pendingin atau lemari es.

Semoga informasi menarik mengenal sejarah singkat lemari es dapat berguna. apuy

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...