Diet Saat Bulan Puasa

Diet Saat Bulan Puasa

Posted by shinobi apuy on Friday, July 12, 2013

Diet Saat Bulan Puasa
Bagi sebagian orang, diet saat bulan puasa merupakan saat yang tepat. banyak orang yang berharap dapat membuat berat badan akan turun. Akan tetapi fakta nya, ketika seseorang berpuasa metabolisme tubuh justru akan semakin lambat. Hal ini akan membuat proses penurunan berat badan semakin sulit untuk dilakukan. Apalagi program diet nya hanya dengan menggunakan obat pelangsing badan saja. Diet sendiri adalah sebuah usaha yang bertujuan untuk merampingkan tubuh sekaligus untuk menurunkan berat badan.

Jangan terlalu khawatir tentang masalah berat badan, asal kita semua dapat menjalani ibadah puasa dengan tetap sehat dan bugar. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa anda lakukan dan terapkan dalam bulan Ramadhan sekaligus bisa dijadikan diet saat bulan puasa :
  • Pilih makanan sehat saat berbuka puasa. Sudah umum jika orang yang puasa akan memilih makanan yang manis pada saat berbuka. Itu tidak apa-apa, selama tidak berlebihan karena jika berlebihan akan membuat berat badan anda akan semakin bertambah. Selain itu jauhi untuk konsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan siap saji. Makanan yang mempunyai kalori tinggi, cenderung akan membuat anda merasa lapar dan haus kembali pada saat malam hari. Makanan seperti junk food juga akan menimbulkan masalah pada kesehatan anda.
  • Usaha untuk batasi porsi makanan. Salah satu cara dalam diet adalah membatasi jumlah atau porsi makanan. Bulan puasa, waktu makan anda akan berubah tidak seperti biasanya. Waktu makan anda hanya pada saat buka puasa dan pada saat sahur. Untuk pastikan agar menjaga porsi dan jumlah makanan yang akan anda konsumsi.
  • Penuhi cairan tubuh anda. Biasanya orang yang puasa itu akan cenderung merasa dehidrasi atau lebih haus daripada lapar. Maka dari itu, ketika waktu buka puasa tiba banyak orang yang akan lebih memilih lebih dulu minum. Untuk menghindari dehidrasi selama bulan puasa, jangan lupa untuk minum air yang cukup dan juga konsumsi buah-buahan sehat yang mengandung banyak air.
  • Rajin olahraga. Meski berpuasa, olahraga harus tetap rutin dilakukan. Ini untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Olahraga juga merupakan salah satu cara diet yang mudah dan murah untuk dilakukan. Sebaiknya olahraga yang dilakukan jangan terlalu berat, karena pasti akan menggangggu ibadah puasa yang sedang dijalani. Waktu olahraga pun sebaiknya dilakukan sore hari menjelang buka puasa.
  • Jangan lewatkan waktu sahur. Sahur ini pengganti dari sarapan pagi hari. Hanya waktu nya yang berbeda, jika sarapan pagi biasa dilakukan sekitar jam 7 pagi. Namun saat bulan puasa ini, sahur dilakukan sekitar jam 3-4 pagi sebelum waktu imsak dan subuh datang.  Sahur sendiri bermanfaat memberikan energi untuk beraktifitas dari pagi hingga sore hari. Untuk pastikan menu sahur anda bergizi dan juga bernutrisi.
Semoga seluruh kegiatan di atas bermanfaat untuk anda selama bulan puasa dan berguna juga untuk proses diet yang sedang dilakukan. -apuy-

{ 2 comments... read them below or add one }

Unknown said...

Salam kenal, agan.. Info menarik nih, ohya,,
numpang nanya nih.. Ada g jenis olahraga tertentu yang ringan dan bisa menghilangkan stres? Ada ju ga ya pakaian khusus baju senamyang bagus untuk olahraga tersebut...
-Thanks-

obat pelangsing alami said...

terimakasih informasinya gan..

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...