Tips Sendi Sehat

Tips Sendi Sehat

Posted by shinobi apuy on Monday, July 1, 2013

Nyeri Sendi
Pernah mengalami nyeri sendi ? Mungkin banyak di antara kita yang sering mengalami nyeri sendi apalagi pada lutut. Karena lutut merupakan salah satu sendi tubuh yang rentan terhadap nyeri sendi.  Tidak hanya lutut yang akan terkena nyeri sendi ini, pada bagian tangan yaitu siku juga ada persendian yang juga rentan terkena nyeri sendi. Persendian dalam tubuh merupakan penghubung antara tulang yang satu dengan tulang lainnya. Jika persendian tersebut bagus, maka anda dapat bergerak bebas dan mampu melakukan semua aktifitas setiap hari. Sendi sendiri terdiri beberapa bagian seperti ligamen dan tulang rawan. Jika sendi dalam tubuh dapat terlumasi dengan baik, maka tulang yang saling berhubungan tersebut mampu bergerak bebas, lancar, dan lentur.

Nyeri Sendi Dan Penyebab Nyeri Sendi Pada Lutut

Nyeri sendi yang terjadi pasti terjadi akibat beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa nyeri sendi itu terasa. Salah satu penyebab nyeri sendi ini adalah bertambahnya usia seseorang yang akan membuat :
  • Tulang rawan yang berfungsi untuk melapisi tulang pada lutut dan siku ini menjadi lebih tipis seiring pertambahan usia. Ini akan mengakibatkan nyeri sendi pada tulang dan semua aktifitas akan terganggu.
  • Pertambahan umur juga mampu membuat permukaan lutut dan siku tidak akan licin dan berfungsi dengan baik seperti sebelumnya. Dan ini akan menyebabkan nyeri sendi dan juga osteoarthritis. Osteoarthritis ini mempunyai gejala-gejala diantaranya, tulang yang satu dengan lainnya saling berbenturan secara kasar. Sehingga hal ini akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Selain itu akan terjadi pula inflamasi atau peradangan pada tulang.
  • Bertambahnya usia juga akan memberikan efek elastisitas ligamen pada tulang dan sendi akan berkurang. Kenapa hal itu terjadi ? Ini karena adanya perubahan kimia dalam protein yang berfungsi untuk membentuk ligament tersebut. Ini akan berakibat ligamen akan lebih mudah dan cepat robek, dan proses penyembuhan nya akan lama karena membutuhkan waktu yang lama.

Tips Mengurangi Nyeri Sendi Pada Lutut 

Nyeri sendi pasti akan dirasakan semua orang di kala memasuki usia lanjut, maka dari itu diperlukan tindakan pencegahan secara dini. Untuk yang sudah terkena nyeri sendi, berikut tips untuk mengurangi rasa sakit ketika nyeri sendi ini datang : 

  • Kuatkan otot pada tulang dengan melakukan peregangan. Ada baiknya sebelum memulai aktifitas khususnya olahraga di ajurkan untuk melakukan pemanasan sebelum dan lakukan peregangan setelahnya. Misalnya pada bagian tubuh yang rawan terkena nyeri sendi seperti paha bagian depan dan belakang, serta betis. Gerakan pemanasan dan peregangan ini seperti gerakan jongkok, menarik kaki ke depan dan ke belakang, dan sebagainya.  Semua ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit ketika nyeri sendi datang, sekaligus untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar.
  • Banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Konsumsi makanan berkalsium tinggi mampu mencegah sekaligus mengurangi nyeri sendi pada lutut dan siku Anda. Makanan yang dimaksud seperti kacang almond, kacang polong, buah jeruk, buncis, ikan salmon, sarden, dan beberapa jenis produk susu misal yogurt dan susu full krim.
  • Menjaga berat badan proporsional. Kelebihan berat badan atau obesitas akan cenderung memberikan bebab lebih kepada sendi pada lutut, sehingga ini biasa mengakibatkan nyeri sendi. Lakukan olahraga paling tidak 2-3 kali dalam satu minggu dengan menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Hindari juga makanan yang mempunyai kandungan lemak tinggi yang mampu memicu pertambahan berat badan.
Semoga informasi menarik tentang tips sendi sehat ini menjadi inspirasi untuk mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengobati nyeri sendi. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...