Konsep Dapur Minimalis Bagian 1

Konsep Dapur Minimalis Bagian 1

Posted by shinobi apuy on Friday, July 19, 2013

Konsep Dapur Minimalis
Dapur Minimalis sekarang menjadi sebuah trend dalam dunia desain khusus nya desain eksterior. Dapur Minimalis membutuhkan sebuah konsep yang matang. Apalagi untuk rumah yang berukuran kecil, membuat dapur minimalis menjadi kendala, karena terbatas nya ruangan dapur yang ada. Padahal ruang dapur merupakan tempat yang penting dalam sebuah rumah. Kegiatan yang dilakukan di ruangan dapur memiliki intensitas yang cukup tinggi, sehingga membutuhkan ruang yang cukup besar. Seharus nya ukuran ruang dapur harus lebih besar dari pada ruang tamu. Untuk banyak para ibu rumah tangga menginginkan konsep dapur minimalis, namun ruang yang tersedia hanya sedikit.

Untuk membuat dapur minimalis membutuhkan rancangan dan desain yang matang dan benar meskipun ruangan yang tersedia cukup kecil. Cara nya dengan memanfaatkan dan memaksimalkan ruang yang tersedia untuk membuat dapur minimalis dengan desain yang cantik dan indah. Maksud dapur minimalis bukan dilihat berapa luas ruang yang ada, namun bagaimana cara kita untuk membuat ruang dapur terlihat lebih luas padahal ukuran ruangan nya itu kecil. Oleh karena itu, berikut beberapa konsep dapur minimalis yang bisa diterapkan dalam dapur dengan ukuran kecil :
  • Desain dapur dengan konsep dapur terbuka. Untuk desain minimalis untuk dapur yang kecil, disarankan untuk memilih desain dapur dengan konsep dapur terbuka. Dapur terbuka ini harus menyatu dengan ruang makan dan ruang lain. Sehingga dapur kecil tersebut, bisa terlihat lebih luas. Selain itu dapur terbuka ini membuat dapur dapat diakses.
  • Coba untuk lebih memaksimalkan tinggi ruangan. Hubungan tinggi ruangan dengan konsep desain minimalis adalah dalam hal penempatan dan bentuk lemari kabinet khusus untuk dapur Anda. Untuk itu cobalah untuk membuat lemari kabinet dengan tinggi yang maksimal atau mendekati langit-langit atap dapur. Ini di lakukan untuk dapat menghemat tempat penampungan barang-barang peralatan dapur Anda. Jadi, semakin tinggi, semakin banyak ruang yang tersisa dan ini akan membuat dapur Anda menjadi terlihat lebih luas dan menjadi dapur minimalis. Untuk peralatan dapur yang hampir tidak pernah digunakan bisa disimpan di bagian paling atas dari lemari kabinet tersebut. Sedangkan untuk barang yang sering digunakan di simpan dibagian tengah sampai ke bawah, sehingga mudah diambil ketika membutuhkan nya.
  • Manfaatkan ruang atau dinding yang tidak dipakai. Untuk mendapatkan kesan indah, nyaman dan dapur minimalis sebaiknya untuk dinding yang masih kosong bisa diisi dengan dekorasi atau hiasan-hiasan yang menarik. Atau kosong nya ruang yang tersisa, bisa digunakan untuk menggantung peralatan dapur yang sering digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi isi dari lemari kabinet yang ada di dapur Anda. 
  • Desain dan buat rak dengan ukuran yang tepat. Di dalam lemari kabinet pasti akan ada rak pada bagian atas dan bawah untuk menyimpan peralatan dapur.  Untuk itu, sebaiknya rak tersebut dibuat dengan menyesuaikan dengan ukuran peralatan dapur yang akan disimpan di dalam rak tersebut. Akan lebih baik lagi jika di lemari kabinet tersebut dilengkapi dengan roller, sehingga memudahkan kita dalam mengambil dan menaruh kembali semua peralatan dapur.
Semoga bermanfaat, dan sampai berjumpa lagi di artikel konsep dapur minimalis bagian 2. Selamat mencoba. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...