Tips Menjaga Pola Tidur Saat Puasa

Tips Menjaga Pola Tidur Saat Puasa

Posted by shinobi apuy on Monday, July 22, 2013

Pola Tidur Saat Puasa
Cara Mengecilkan Perut terbaik salah satu nya adalah menjaga pola tidur. Apalagi seperti bulan puasa sekarang, pasti pola tidur bagi yang menjalankan ibadah puasa akan berubah. Namun telah banyak riset dan penelitian yang dapat membuktikan bahwa pola tidur yang buruk akan sangat berpengaruh terhadap penurunan produktifitas, kesehatan, dan juga pasti akan mengganggu program diet yang sedang dilakukan. Karena dengan menjaga pola tidur pada saat puasa, Anda tidak akan merasa mengantuk pada saat beraktifitas.

Cara Mengecilkan Perut dengan menjaga pola tidur saat puasa sangat penting, apalagi untuk membantu proses mengecilkan perut selama bulan puasa. Seperti yang kita semua tahu umat muslim yang menjalankan puasa melakukan sahur pada pagi hari sekitar pukul 03.00 – 04.00 dini hari. Ini tentu nya akan mengurangi waktu tidur malam, yang seharusnya dilakukan selama 8 jam. Namun, jangan kuatir, bagi Anda umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan bisa melakukan beberapa tips dalam menjaga pola tidur. Berikut tips menjaga pola tidur saat bulan puasa menurut Medical & Scientific Departemen Head Soho Group yaitu Ibu Maria Margaretha :
  • Geser waktu tidur pada malam hari. Jika Anda berpuasa esok hari, ada baiknya untuk tidak tidur larut malam atau begadang. Apabila mungkin, usahakan untuk langsung setelah melaksanakan sholat Tarawih. Untuk kebiasaan seperti jalan-jalan setelah pulang kantor, untuk sementara untuk tidak dilakukan karena ini untuk menjaga pola tidur Anda agar tetap normal.
  • Sempatkan untuk tidur setelah sahur. Untuk menjaga pola tidur saat puasa, ada baiknya untuk menyempatkan tidur 1 jam setelah sahur atau setelah sholat subuh. Tidur setelah sahur ini sangat penting untuk tidak mengantuk ketika berkendara menuju tempat kerja. Karena banyak kecelakaan yang diakibatkan karena pengemudi mengantuk. Jadi, sebaiknya untuk menyempatkan tidur setelah sahur.
  • Usahakan untuk tidur siang. Ketika berpuasa, orang akan lebih mudah mengantuk, karena pola tidur yang berubah. Maka dari itu, usahakan untuk tidur siang di waktu istirahat setelah mengerjakan sholat dzuhur.  Meskipun hanya tidur beberapa menit saja, ini akan memberi pengaruh yang sangat luar biasa kepada tubuh. Selain itu tidur sejenak, akan menjaga konsentrasi saat melakukan aktifitas kantor.
  • Lakukan aktifitas peregangan tubuh. Meregangkan badan sekaligus otot ini akan membantu aliran darah berjalan dengan lancar mengalir ke seluruh tubuh terutama pada bagian kepala, tangan, dan kaki. Lakukan hal ini secara teratur, paling tidak 1 jam sekali. Melakukan peregangan ini bisa dilakukan dengan cara-cara yang sederhana, seperti melakukan pijatan di daerah kepala dan daerah lain yang otot nya terasa tegang.
  • Jangan hanya diam di tempat duduk saja. Ketika orang berpuasa, ada baik nya untuk melakukan gerakan selama bekerja agar menghindari rasa ngantuk. Lakukan dengan cara dengarkan music, lakukan juga peregangan atau sedikit berjalan-jalan di area kantor.
Sekian tips menjaga pola tidur saat puasa, dan untuk menjaga program diet untuk cara mengecilkan perut. Selamat mencoba yach. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...