Taksi Sebagai Alat Transportasi Umum

Taksi Sebagai Alat Transportasi Umum

Posted by shinobi apuy on Tuesday, July 30, 2013

Taksi Sebagai Transportasi Umum
Taxi Executive sebagai salah satu jenis taksi sebagai alat transportasi umum yang banyak digunakan oleh penduduk Ibukota Jakarta.  Transportasi dengan menggunakan taksi memang bisa dikatakan merupakan transportasi umum namun bersifat eksklusif di mana penumpang nya terbatas dan di lengkapi argometer sebagai penanda berapa biaya penggunaannya.  Selain itu kenapa bisa dikatakan eksklusif ? Karena di sini taksi memberikan kenyamanan kepada para penumpang ketika berada di dalam mobil taksi. Dengan menggunakan ac di dalam nya, ini yang akan membuat para penumpang merasa nyaman.  Oleh karena itu, pasti akan biaya yang harus dikeluarkan dan ini cukup mahal di bandingkan dengan tarif angkutan umum lainnya.

Hambatan Pengoperasian Taksi

Taxi Executive sendiri memiliki tarif yang berbeda dengan jenis taxi regular lainnya. Karena dari jenis mobil taksi yang digunakan lebih mahal harga nya dan biaya perawatan nya pun jauh lebih mahal. Perusahaan taxi di Indonesia makin banyak, namun sampai dengan hari ini ada permasalahan dalam penyelenggaraan transportasi taxi,  antara lain :
  • Belum ada nya SPM atau Standar Pelayanan Minimum sebagai tolak ukur kinerja perusahaan taxi yang ada di Indonesia. 
  • Belum ada peraturan yang jelas tentang lisensi perizinan operasional taksi.
  • Belum ada nya sosialisasi tentang pengawasan pihak Pemerintah Indonesia dalam mengawasi tarif taksi yang disesuaikan dengan harga bahan bakar yang berlaku.
  • Belum tersedia nya sistem integrasi yang menghubungkan antara model taxi terhadap layanan untuk angkutan umum lainnya.

Indikator Pelayanan Taksi

Taxi Executive memang masih sedkit dalam penggunaan nya. Namun di Indonesia khusus nya Jakarta merupakan penggunaan dan banyak nya armada taxi yang ada di seluruh Indonesia. Jakarta  memiliki jumlah yang paling tinggi dibandingkan dengan kota-kota lain dan mempunyai tingkat mobilitas yang sangat tinggi pula.  Banyak nya penggunaan taxi di Jakarta ini di mana kualitas pelayanan taxi untuk semua jenis armada taxi  seperti  txi regular dan taxi executive semakin baik setiap tahun nya.  Nah, beberapa indikator pelayanan taxi ini meliputi :
  • Kenyamanan. Kenyamanan di sini bisa merupakan sebuah fasilitas di dalam taxi selain ada nya ac atau pendingin ruangan.
  • Keamanan. Jenis pelayanan yang diinginkan oleh para penumpang adalah keamanan dalam perjalanan.  Untuk lebih meyakini nya, bisa dengan melihat angka kecelakaan lalu lintas terutama kecelakaan yang melibatkan armada taxi.
  • Kesehatan. Ini bisa di lihat dari kadar dan tingkat polusi dari bahan bakar yang digunakan setiap armada taxi tersebut. Biasanya untuk armada Taxi Executive ini pasti akan memilih bahan bakar jenis pertamax yang tingkat polusi nya lebih rendah di bandingkan dengan penggunaan premium.
Demikian beberapa hal mengenai taksi sebagai alat angkutan umum, semoga bisa bermanfaat. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...