Perangkat Pendukung Program Kasir

Perangkat Pendukung Program Kasir

Posted by shinobi apuy on Wednesday, July 10, 2013

Perangkat Pendukung Program Kasir
Program kasir ini digunakan untuk membantu kasir dalam menghitung total setiap transaksi.  Program kasir ini juga bisa disebut dengan menggunakan istilah software toko atau software stock.  Program kasir juga bisa dibilang sebagai otak dari komputer kasir dan sangat mempengaruhi kinerja computer dan staf kasir. Selain itu program kasir dibuat dengan tujuan untuk merekam semua transaksi  meliputi harga setiap produk yang dibeli, jumlah produk yang dibeli, dan lain-lain yang berhubungan dengan kasir.  Biasanya program kasir ini banyak digunakan oleh pusat perbelanjaan, swalayan, dan mini market di mana semua transaksi pembelian di lakukan di meja kasir.

Program kasir mempunyai kelebihan yang paling utama adalah program kasir ini bisa dihubungkan dengan sebuah sistem dan server  yang dipasang jika menggunakan software kasir ini. Sehingga semua transaksi, maupun stock barang dapat dengan mudah di pantau walaupun dari jarak jauh. Berjalan nya sistem software kasir ini bisa berjalan dengan baik apabila didukung dengan perangkat yang baik dan memadai. Adapun beberapa perangkat pendukung program kasir ini antara lain :
  1. Perangkat Komputer. Ini merupakan perangkat pendukung program kasir yang harus ada. Karena perangkat ini digunakan untuk menjalankan program kasir. Perangkat komputer ini terdiri dari, desktop dengan spesifikasi yang mencukupi, monitor, keyboard, dan tidak boleh ketinggalan adalah mouse.
  2. Scanner.  Perangkat pendukung sebuah program kasir adalah scanner. Scanner ini untuk mendeteksi produk dan harga produk tersebut. Scanner ini membaca dari nomor barcode yang ada pada produk yang akan dibeli.  Scanner sendiri merupakan alat yang membantu transaksi penjualan dan juga penerimaan produk dapat dengan mudah dan cepat untuk dilakukan.
  3. Printer Struk. Printer struk ini berfungsi sebagai pencetak struk total dari pembelian. Biasanya perangkat program kasir ini harus ada, karena lebih memudahkan para pelanggan dalam melihat seluruh daftar dan total pembelian. Di setiap pusat perbelanjaan dan juga swalayan, printer struk ini juga di sediakan. Namun tidak hanya itu, printer struk juga biasa digunakan oleh petugas parkir sebuah gedung.
  4. Printer Barcode. Printer barcode ini digunakan untuk mencetak nomor barcode yang kemudian di tempel kan  pada produk yang tidak mempunyai label barcode. Ini untuk memudahkan untuk memantau stock barang-barang tersebut.  Namun agar dapat terlihat dalam program kasir, nomor label barcode ini harus di masukkan ke dalam data stock barang. Sehingga ini dapat memudahkan staff kasir dalam setiap transaksi penjualan.
Semoga ini informasi ini dapat berguna. -apuy-

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...