6 Latihan Dalam Senam Rematik

6 Latihan Dalam Senam Rematik

Posted by shinobi apuy on Tuesday, February 19, 2013


Senam Rematik
Ada banyak cara untuk mengobati nyeri sendi, yaitu salah satunya dengan melakukan senam dengan rutin. Banyak yang menyebutkan senam rematik atau senam sakit sendi. Pasti belum banyak yang mengetahui senam rematik atau senam sakit sendi, dan pasti banyak yang mengira ini merupakan hanya senam biasa yang banyak orang lakukan setiap hari. Tetapi pada dasarnya, senam rematik atau senam sakit sendi ini khusus diperuntukan untuk bagi setiap orang yang menderita nyeri sendi. Selain mengatasi nyeri sendi, senam rematik atau senam sakit sendi ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan juga daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit secara keseluruhan.

Sebelum Melakukan Senam Rematik

Dalam melakukan senam rematik atau senam sakit sendi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan demi untuk mengobati penyakit nyeri sendi yang diderita. Tetapi sebelum melakukan senam rematik atau senam sakit sendi ini, Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter yang sedang merawat Anda apakah semua gerakan dalam senam rematik atau senam sakit sendi ini tidak berbahaya untuk dilakukan dan tidak berpengaruh terhadap pengkit nyeri sendi Anda. Pastikan untuk melakukukan semua gerakan dalam senam rematik atau enam sakit sendi ini di sesuaikan dengan kondisi nyeri sendi yang sedang Anda alami.

Latihan - Latihan Dalam Senam Rematik

Nah, setelah mendapat persetujuan dari dokter untuk melakukan semua gerakan senam rematik atau senam sakit sendi ini barulah Anda dapat melakukan senam rematik atau senam sakit sendi ini dengan mengikuti semua gerakan yang dianjurkan. Dalam senam rematik atau senam sakit sendi ada 6 hal yang perlu dilakukan, antara lain sebagai berikut :

Latihan Pernapasan
Cara melakukan : Duduklah dengan nyaman dan tegakkan punggung Anda. Tarik napas melalui hidung hingga tulang rusuk terasa terangkat dan hembuskan napas melalui mulut seperti meniup lilin (untuk mengeceknya: letakkan tangan Anda pada bagian dada). Latihan ini sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri saat rematik datang. Lakukan secara kontinu, minimal 4 set dengan istirahat antar set 1-2 menit.

Latihan Pemanasan
Cara melakukan : Sebelum berlatih, Anda dianjurkan untuk melakukan pemanasan selama 5-10 menit. Pemanasan dalam senam rematik atau senam sakit sendi ini dapat dilakukan dengan berjalan atau bersepeda santai, atau dengan peregangan ringan.

Latihan Persendian
Beberapa contoh latihan berikut sangat cocok untuk melatih beberapa titik sendi Anda, adalah sebagai berikut :
  1. Sendi Leher. Cara melakukan : Tegakkan kepala Anda. Putar kepala ke kanan perlahan lahan hingga kembali ke posisi awal. Lanjutkan dengan memutar kepala ke kiri secara perlahan-lahan hingga kembali ke posisi awal. Lakukan secara berulang.
  2. Sendi Bahu. Cara melakukan : Berbaringlah dengan nyaman dengan posisi lengan rileks di samping tubuh Anda. Angkat lengan kanan secara perlahan ke arah samping menjauhi tubuh Anda, kemudian kembalikan pada posisi semula. Ulangi gerakan yang sama untuk lengan kiri Anda. Lakukan secara bergantian antara lengan kiri dan kanan. Mulailah dengan posisi siku ditekuk ke arah samping dan posisi telapak tangan menyentuh bahu. Gerakkan kedua siku Anda ke arah depan, hingga kedua siku saling menyentuh. Lanjutkan dengan menggerakkan siku hingga kembali ke posisi awal. Rasakan dada Anda tertarik ketika menarik siku kembali ke posisi awal.
  3. Sendi Pinggul. Cara melakukan : Berbaringlah dengan nyaman dengan posisi ujung tumit menempel. Jauhkan kaki kanan Anda secara perlahan dari tubuh, lalu kembalikkan ke posisi awal. Lakukan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri.
  4. Pergelangan Kaki. Cara melakukan : Putar pergelangan kaki kanan searah jarum jam secara perlahan kemudian lakukan arah sebaliknya (berlawanan jarum jam). Lakukan secara bergantian antara pergelangan kaki kanan dan kiri.
  5. Pergelangan Tangan. Cara melakukan : Tekuk jari–jari tangan Anda, putar pergelangan tangan Anda searah jarum jam dan kemudian berlawanan dengan jarum jam.
  6. Ruas Jari. Cara melakukan : Sentuh tiap jari-jari tangan Anda dengan ibu jari. Ulangi hingga 5 kali.
Latihan Kekuatan.
Latihan ini bertujuan untuk melatih otot. Dilakukan sebanyak 3–5 set, dengan istirahat antar set selama 1-2 menit. Ada beberapa latihan kekuatan dalam senam rematik atau senam sakit sendi, antara lain :
  1. Seated cross legged press. Cara melakukan : Duduklah pada kursi yang diganjal bantal. Silangkan pergelangan kaki kanan di atas pergelangan kaki kiri. Tekan kaki kanan ke kaki kiri, dan di saat bersamaan, tekan kaki kiri maju melawan kaki kanan Anda. Tahan posisi ini selama 3-6 detik, lalu lepaskan. Ulangi dengan posisi pergelangan kaki kiri di atas pergelangan kaki kanan.
  2. Pelvic tilt. Cara melakukan : Berbaringlah dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Angkat panggul dari lantai dengan punggung atas dan tengah serta tangan tetap menyentuh lantai. Rasakan adanya kontraksi pada pantat dan perut Anda. Tahan posisi ini beberapa detik, sambil mengambil napas dalam-dalam dan perlahan.
  3. Rubber band . Cara melakukan : Taruh karet gelang di kelima jari tangan Anda. Rentangkan jari-jari Anda selebar yang Anda bisa. Perlahan lepaskan tekanan dari karet gelang tersebut dan kembali ke posisi awal.
Latihan Kardio
Latihan ini dilakukan untuk kesehatan jantung dan meningkatkan stamina. Latihan ini dapat berupa jalan cepat, berlari, berenang, aerobik, dan bersepeda. Lakukan latihan selama 30-45 menit dengan pemanasan selama 5-10 menit.

Latihan Peregangan
Latihan ini dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot. Untuk sesi ini, Anda dapat menggunakan iringan musik lembut untuk membangun suasana rileks.

Demikian 6 latihan senam rematik, semoga dapat membantu untuk mengobati nyeri sendi Anda. apuy

{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

Salam Kenal ya...

Info yang menarik nie..... kalau boleh tau, kapan waktu yang tepat buat melakukan senam tersebut? dan ada g baju senam khusus yang digunakan?

Thnks ya... & sukses selalu.... :)

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...