Trend Foto Kanvas

Trend Foto Kanvas

Posted by shinobi apuy on Thursday, February 7, 2013


Foto Kanvas
Foto Kanvas sekarang menjadi populer karena hasil cetak foto kanvas ini sangat menarik dan bagus dan banyak menjadi pilihan pasangan yang ingin melakukan sebuah resepsi pernikahan baik di gedung mapun di rumah. Hasil cetak foto kanvas ini biasanya sangat menarik karena bahan yang digunakan dalam mencetak berbeda dengan kertas foto yang biasa digunakan. Untuk bahan yang digunakan dalam foto kanvas adalah menggunakan kain katun atau linen, dengan tekstur yang khas membuat kanvas bisa sangat beragam. Dulunya kanvas ini adalah digunakan sebagai bahan atau media untuk melukis dengan menggunakan cat minyak.

Definisi Foto Kanvas


Apa yang dimaksudkan foto kanvas itu? Foto kanvas adalah sebuah hasil foto yang dicetak dengan menggunakan kertas foto yang berbahan kanvas sehingga menciptakan hasil karya foto yang sangat bagus dan unik. Banyak hasil foto yang banyak digunakan dengan memakai cetak foto kanvas antara lain, foto wedding, foto pre wedding, dan foto keluarga. Untuk foto kanvas ini lebih banyak digunakan untuk foto pre wedding yang akan dipajang pada saat resepsi pernikahan diadakan. Seiring perkembangan zaman, cetak foto kanvas ini banyak dilakukan dan ditawarkan oleh banyak studio foto yang menerima jasa cetak foto. Tetapi di Jakarta hanya beberapa studio khusus yang mencetak foto hanya dengan bahan kanvas. Untuk cetak foto kanvas ini sangat bervariasi, tetapi biasanya ukuran foto kanvas yang sering dicetak adalah ukuran foto kanvas besar seperti 20R, 24R, dan masih banyak ukuran besar dalam mencetak foto.

Teknik Cetak Foto Kanvas 


Membuat sebuah foto canvas ada beberapa teknik pembuatan atau proses pencetakan foto dengan menggunakan bahan kanvas. Ada 2 teknik yang banyak dan biasa dilakukan oleh banyak studio foto kanvas dalam mencetak foto kanvas, antara lain sebagai berikut :

Teknik Printing.
Teknik ini sebetulnya adalah teknik mencetak foto diatas bidang canvas dengan menggunakan printer khusus yang kini banyak tersedia. Selain dapat mencetak foto diatas canvas, bahkan ada beberapa printer yang dapat mencetak diatas material lain seperti kayu, kramik, plastik, dll. Namun kelemahan dengan menggunakan printer ini adalah foto canvas tidak akan bertahan lama dan akan cepat luntur jika  tidak dilapisi perekat khusus.

Teknik Manual.
Teknik  manual ini melalui beberapa proses mulai dari proses pemisahan pencetakan foto, pemindahan foto ke atas canvas dan proses vacum yaitu memanaskan foto canvas agar dapat menempel dengan kuat.  Teknik pembuatan foto canvas  secara manual memerlukan ketelitian karena jika gagal sekali, ini tidak dapa diulang lagi atau jadinya “cetul”(cetak ulang). Selain itu peralatan yang digunakan pun lumayan mahal, karena penganvasan yang baik memerlukan mesin vacum agar media foto tersebut dapat menempel sempurna ke atas bidang canvas. Foto canvas dengan teknik manual biasanya lebih tahan lama dibandingkan dengan canvas teknik printing. Untuk teknik manual ini pasti harga yang dikeluarkan cukup mahal karena butuh ahli yang biasa mengerjakan cetak foto kanvas dengan teknik manual ini. Pengerjaannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama, karena dibutuhkan ketelitian dan kemampuan khusus dalam cetak foto kanavs ini.

Demikian sekilas tentang trend foto kanvas yang menjadi banyak pilihan utama, semoga dapat berguna. apuy

{ 2 comments... read them below or add one }

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
cetak foto kanvas said...

terima kasih artikelnya sangat membantu gan :)

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...