Perawatan Kendaraan Pasca Banjir

Perawatan Kendaraan Pasca Banjir

Posted by shinobi apuy on Monday, February 11, 2013


Perawatan Kendaraan
Perawataan Kendaraan yang terendam banjir harus segera dilakukan agar kendaraan dapat berfungsi kembali dengan baik sehingga dapat digunakan kembali. Mengapa demikian? karena jika terlalu lama dibiarkan, maka akibatnya kendaraan tersebut akan mengalami kerusakan yang parah diakibatkan komponen-kompponen yang berada di dalam kendaraan tersebut terendam air banjir yang dapat membuat kerusakan. Untuk itu, berikut penulis berikan tips dalam merawat kendaraan dan menangani dalam hal hal ini perawatan kendaraan setelah banjir adalah sebagai berikut :
  • Pengeringan Berbagai Komponen Kendaraan. Segera keringkan dan sekaligus bersihkan juga komponen kendaraan yang penting seperti busi, saluran angin, saringan angin, coil, delco, alternator, dinamo starter, V-belt, serta seluruh rangkaian kabel. Caranya, lepas semua kabel kelistrikan kemudian semprot dengan angin dari kompresor angin. Bila tidak ada kompresor, Anda bisa menggunakan pengering rambut atau hair dryer.
  • Ganti Oli. Oli kendaraan baik mobil maupun motor yang terendam banjir, pastinya sudah tercampur dengan air yang dapat menyebabkan kendaraan tersebut tidak dapat dihidupkan apalagi digunakan. Maka dari itu, untuk menunjang kerja mesin kendaraan Anda, dianjurkan mengganti oli setelah banjir, walaupun belum mencapai kilometer yang ditentukan. Caranya dengan menguras habis oli di mesin, lalu semprotlah menggunakan angin kompresor. Bila Anda tidak memiliki kompresor, gunakan pompa angin, hingga oli dan air benar-benar terkuras. Setelah itu, isi dengan oli mesin baru. 
  • Kuras Tangki Bahan Bakar. Dikhawatirkan saat banjir merendam mobil, air masuk ke tangki atau saluran bahan bakar. Air dan bahan bakar tercampur berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen mesin dan mengakibatkan kemogokan. Cara penanganan nya adalah dengan menguras tangki BBM kendaraan Anda. Masukkan selang kecil hingga ke dasar tangki dan hisap hingga bahan bakar mengalir habis. (Hati-hati jangan sampai bahan bakar tertelan)
  • Keringkan Panel Lampu. Korsleting pada panel lampu dapat menyebabkan lampu kendaraan mati sehingga Anda kehilangan penerangan di malam hari. Karena itu panel lampu harus dikeringkan untuk mengurangi resiko korsleting karena terendam air banjir. Keringkan juga komponen pendukung lainnya seperti wiper, klakson, dan door trim supaya semua berfungsi dengan baik.
  • Keringkan Interior Kendaraan. Bagian terakhir yang perlu dikeringkan adalah interior mobil (karpet dek, serta jok). Keluarkan karpet dan lepas sarung jok untuk di cuci lebih bersih dan di jemur hingga kering untuk menghindari bau lembap. Bersihkan bagian interior dengan vacuum cleaner dan buka keempat pintu mobil hingga bau tak sedap hilang.
  • Bersihkan Media Yang Vital (Bagian Pengeraman). Pastikan piranti pengereman kendaraan Anda aman. Cara memastikan nya adalah dengan lepas roda dan buka perangkat rem, keringkan dan bersihkan kanvas rem, piston kaliper, dan karet teromol. Setelah terendam air, biasanya kanvas rem mengeras. 
  • Kunjungi Bengkel Langganan. Bawa kendaraan Anda untuk dilakukannya service besar dengan melakukan pengecekan lebih komprehensif ke bengkel langganan. Pastikan ECU, injektor, kondisi ban dan komponen lainnya masih berfungsi dengan baik.   
Demikian perawatan kendaraan pasca banjir, semoga ini dapat membantu. apuy

{ 1 comments... read them below or add one }

Randa said...

info yang bermanfaat apalagi jakarta yang habis kena banjir,,,,,,

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...