Tips Memulai Software Server Pulsa

Tips Memulai Software Server Pulsa

Posted by shinobi apuy on Sunday, February 24, 2013


Software Server Pulsa
Software Server Pulsa adalah sebuah bisnis penjualan pulsa elektrik yang dalam prosesnya dilakukan secara otomatis dengan dibantu oleh perangkat komputer. Dalam pengoperasian bisnis pulsa elektrik ini menggunakan perangakt komputer yaitu sebuah server dimana server tersebut berfungsi sebagai pusat pengendalian dan pemusatan data yang masuk dan daya yang keluar. Tidak hanya dengan menggunakan server sebagai media untuk menjalankan bisnis ini, sistem untuk mengendalikannya disebut dengan software server pulsa.

Pembuatan Software Server Pulsa

Software server pulsa ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk memudahkan pelaku bisnis server pulsa ini mengoperasikannya. Banyak bahasa pemrograman yang dapat dijakdikan sebagai sebuah software server pulsa ini, seperti bahasa pemrograman Delphi dan Visual Basic (VB). Dan untuk membuat sebuah software server pulsa untuk bisnis pulsa elektrik ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, jadi diperlukan waktu dalam pengerjaannya. Lain halnya, jika mempunyai modal yang cukup besar software server pulsa ini dapat dibeli langsung dan sudah banyak para programmer yang dapat menawarkan software server pulsa ini. Bukan hanya software server pulsa saja yang harus dipersiapkan dalam membangun bisnis server pulsa ini, tetapi perangkat komputer mulai dari server, dekstop serta peralatan lain yang harus dipenuhi. Jadi terbayangkan berapa berapa biaya atau modal yang harus dikeluarkan untuk mendirikan bisnis server pulsa ini ?

Kenapa Software Server Pulsa ? 

Kenapa software server pulsa ? Pasti pertayaan ini akan ada dalam pikiran sebelum memutuskan untuk memilih bisnis server pulsa ini menjadi sumber penghasilan baik yang utama maupun hanya untuk sampingan saja. Dalam prosesnya pembelian pulsa oleh pelanggan cukup melalui SMS, chatting atau internet dan pengiriman pulsa dilakukan oleh komputer tanpa perlu campur tangan manusia. Dengan kata lain, Bila Anda buka server pulsa, pekerjaan utama Anda adalah menyiapkan stok dan membuka layanan customer service. Server Pulsa memiliki beberapa keuntungan antara lain sistem software server pulsa yang handal dan sudah teruji, selalu up to date mengikuti perkembangan dunia selluler, Pengoperasian server sangat mudah tidak perlu keahlian khusus, karena Anda hanya tinggal melakukan pengisian stok produk kedalam system, selebihnya, setiap ada pembelian maupun penjualan kita tidak perlu lagi ikut campur, karena computer yang akan melayani pelanggan Anda.

Persiapan Dalam Bisnis Server Pulsa Dengan Sotware Server Pulsa 

Seperti yang sudah diutarakan di atas, bahwa untuk memulai bisnis server pulsa ini diperlukan persiapan baik modal dan mental. Sehingga apabila sudah berjalan bisnis server pulsa ini akan dapat mendatangkan keuntungan yang besar dan semakin berkembang bahkan maju. Untuk itu berikut apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis server pulsa ini, antara lain sebagai berikut :
  • Bekali diri Anda dengan pengetahuan yang memadai. Siapapun Anda, baik anda pemodal, pengelola, maupun pekerja, tetap memerlukan pengetahuan yang cukup agar server pulsa Anda bisa berjalan dengan baik. Mengetahui seluk beluk produk seluler itu wajib. Pelajari sistem transaksi dari masing-masing operator agar Anda tahu apa yang Anda jual. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari dealer di kota Anda, dari media, dan dari rekan-rekan sesama pebisnis pulsa lainnya.
  • Persiapkan Fisik, Mental dan Finansial. Anda sanggup bersikap tenang saat terjadi gangguan? Anda sanggup menjelaskan problem gangguan kepada customer saat itu? Anda sanggup berkomunikasi dengan efektif kepada developer software mengenai problem di sistem Anda untuk meminta bantuan? Anda sanggup melakukan recovery sistem dengan cepat saat terjadi problem? Jika ada komponen yang rusak (server, pc, modem, dll), apakah Anda sudah menyiapkan dana untuk penggantiannya?
  • Permodalan Yang Memadai. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa modal yang dibutuhkan untuk bisnis server ini tidak main-main karena bisnis pulsa dengan menggunakan server pulsa plus software server pulsa tidak sama dengan agen. Agen tidak butuh modal besar, tidak butuh investasi besar, tapi server pulsa butuh modal besar atau memadai. Banyak yang salah kaprah tentang hal ini sebab keliru, menganggap server pulsa tidak butuh modal banyak. Memang betul bahwa di luar sana ada server pulsa yang dijalankan dengan modal yang kurang memadai. Namun harus diingat: tanpa modal yang cukup, Anda butuh waktu yang sangat lama untuk berkembang dan butuh effort yang luar biasa hanya untuk bisa bertahan!
  • Full time & Fokus!. Bisnis server pulsa tidak sama dengan menjadi agen. Agen bisa menjalankan sebagai sambilan, part time. Tapi menjalankan bisnis server pulsa harus full time. Pada prinsipnya, hasil kerja full time jelas akan lebih baik hasilnya dari pada hasil kerja part time. Sebab mengelola operasional server pulsa butuh fokus dan ketekunan. Betul, pasti ada di luar sana yang menjalankan server pulsa sebagai sambilan atau part-time. Namun harus dicatat: sampai hari ini, belum pernah ada server pulsa yang dijalankan secara part-time bisa bertahan menghadapi persaingan. Semua server pulsa yang tumbuh besar dijalankan secara full-time oleh pemiliknya.
  • Gunakan Stok Sendiri. Menggunakan stok sendiri memang butuh modal yang cukup, tapi jelas jauh lebih baik dari pada dilempar ke server lain. Hal ini berpengaruh ke kualitas transaksi. Status transaksinya jelas, berhasil atau gagal (kecuali sedang gangguan). Sebaiknya Anda menggunakan stok sendiri untuk 3 operator besar: Telkomsel, Indosat dan XL. Alokasikan modal Anda agar stok Anda cukup untuk ketiga operator tersebut.
  • Koneksi Menentukan Prestasi & Reputasi. Jika Anda menggunakan h2h (host to host) antar server, camkan baik-baik: tidak semua h2h sama, kemana anda terkoneksi menentukan prestasi dan reputasi Anda di mata customer. Jika supplier h2h itu sistemnya bagus, maka reputasi Anda di mata konsumen baik, dan prestasi Anda juga baik dilihat dari volume transaksi. Jika supplier h2h itu sistemnya jelek, reputasi Anda turun dan prestasi anda juga menurun diliihat dari volume transaksi.
  • Hindari supplier h2h yang bisnisnya tidak sehat. Jangan langsung percaya dengan supllier h2h yang menjual dengan harga tidak wajar atau bahkan terlalu murah, apalagi kalau sistemnya sering bermasalah. Pelanggaran prinsip ini bisa Anda lihat dari maraknya kasus musibah server h2h dan penipuan oleh supplier h2h yang marak terjadi. Hindari jaringan h2h berantai, makin banyak rantainya, makin besar resikonya, makin kecil kemungkinan transaksi Anda sukses.
Demikian tips memulai bisnis software server pulsa, semoga ini dapat menjadi masukkan bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha bisnis server pulsa dengan menggunaka software server pulsa. apuy

{ 5 comments... read them below or add one }

Unknown said...

bagus bermanfaat.,., tapi masih ada vbeberapa hal yang saya masih kurang faham.,., mengenai cara menyediakan stok operator seperti indosat, xl, dan telkomsel.,. itu agaimana.,
thks,,,,

Anonymous said...

Maju terus bisnis pulsa...makasih Gan artikelnya bermanfaat.

Unknown said...

Kalo untuk menstok pulsa all chip nya gmna?semisal konsumen pngen beli all chip...?tank's

shinobi apuy said...

Terima kasih Bobby Irawan Mega Basta atas kunjungannya.

Seperti yang bisa men-stock semua chip namun Anda harus melakukan kerja sama dengan toko isi pulsa besar dan menyediakan all chip semua operator

Semoga bisa menjawab

shinobi apuy said...

Terima kasih untuk aji ridla untuk datang dan berkomentar di blog ane.

Seperti nya agan harus bekerja sama dengan agen pulsa besar yang menyediakan layanan penyediaan chip all operator.

Semoga bisa menjawab pertanyaan agan

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...