Dampak Merokok Bagi Kehamilan Dan Kesuburan

Dampak Merokok Bagi Kehamilan Dan Kesuburan

Posted by shinobi apuy on Wednesday, February 20, 2013


Dampak Merokok Bagi Kehamilan Dan Kesuburan
Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan tidak merokok. Mengapa demikian? Banyak yang mengatakan bahwa kebiasaan merokok tidak baik bagi kesehatan. Kebiasaan merokok tersebut juga akan berdampak bagi kesuburan pria dan wanita, karena dengan sering merokok ini secara langsung akan mengurangi tingkat kesuburan dan lebih parah lagi akan mengakibatkan tidak akan mempunyai keturunan. Tetapi banyak orang yang mengesampingkan dampak negatif dari kebiasaan merokok tersebut.

Dampak Merokok Untuk Kehamilan

Bukan hanya itu saja, kebisaan merokok bagi seorang ibu yang sedang mengandung juga dapat memberikan efek buruk baik secara langsung maupun tidak langsung bagi Anda dan bayi yang di perut Anda. Menurut informasi dari sebuah riset penelitian yang ditulis dalam European Heart Journal menemukan bahwa bayi yang lahir dari seorang ibu yang merokok pada masa kehamilan, memiliki tingkat kolesterol “baik” (HDL)  yang berdampak pada serangan jantung dan stroke di kemudian hari. Asap rokok mengandung 2500 bahan kimia individu yang berbahaya bagi kehidupan janin. Penelitian menunjukkan bahwa dampak merokok saat hamil dapat memiliki dampak yang menghancurkan dan bahkan mengancam perkembangan janin.

Dampak Negatif Ibu Hamil Merokok Pada Janin

Berikut beberapa dampak negatif yang terjadi pada janin, saat ibu memutuskan untuk merokok di masa kehamilan :

Berat lahir rendah.
Wanita yang merokok selama masa kehamilan memiliki dua kali resiko melahirkan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata. Bayi dengan kondisi seperti itu meningkatkan resiko cacat mental, masalah kesehatan, bahkan kematian.
   
Komplikasi kehamilan.
Ibu hamil yang merokok dua kali lebih mungkin menderita abrupsio plasenta dan plasenta previa, dua komplikasi kehamilan serius yang dapat mengakibatkan pendarahan berat selama kelahiran dan sangat meningkatkan risiko kematian bagi ibu dan anak.
   
Lahir cacat.
Penelitian menemukan bahwa bahaya merokok selama awal kehamilan meningkatkan risiko bayi cacat saat lahir. Secara khusus, bayi akan memiliki cacat jantung bawaan. Kasus ini lebih sering terjadi pada bayi dengan ibu yang merokok saat hamil daripada bayi dengan ibu yang bukan perokok.

Kematian mendadak pada bayi (Sudden Infant Death Syndrome)
Merokok selama masa kehamilan merupakan penyebab utama terjadinya kematian mendadak pada bayi (SIDS). Bayi dari ibu yang merokok tiga kali lebih mungkin meninggal dunia akibat SIDS dibandingkan dengan bayi yang bukan dari ibu perokok.

Kanker anak.
Para ibu yang merokok selama masa kehamilan meningkatkan resiko kanker kepada anaknya, termasuk leukemia, dan limfoma yang akan diderita anak setelah dilahirkan.

Gangguan perkembangan.
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) lebih banyak terjadi pada bayi dengan ibu yang merokok. Penelitian telah mengidentifikasi berbagai masalah perilaku dan masalah kognitif lain yang terkait dengan ibu yang merokok, termasuk peningkatan 50 persen tingkat keterbelakangan mental.

Seorang ibu yang menjadi perokok pasif juga mampu menyebabkan masalah bagi bayi di kandungan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berada di sekitaran orang-orang yang merokok, meningkatkan resiko kelahiran dengan berat badan bayi dibawah rata-rata.

Berarti dengan penjelasan di atas tentang dampak merokok bagi kehamilan dan kesuburan, ini akan membuat pikiran Anda akan lebih terbuka akan bahaya merokok. Semoga dapat menjadi masukkan, apuy

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...