Membeli Program Akuntansi Yang Baik Dan Benar

Membeli Program Akuntansi Yang Baik Dan Benar

Posted by shinobi apuy on Monday, February 18, 2013


Program Akuntansi
Program Akuntansi atau biasa disebut software akuntansi merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan. Biasanya program akuntansi ini banyak dibutuhkan sebuah perusahaan yang membutuhkan laporan keuangan sehingga dapat memudahkan para staff dibidang keuangan dalam membuat laporan keuangan secara tepat dan benar. Program akuntansi ini dibuat untuk memberikan seluruh informasi tentang perkembangan perusahaan. Bukan hanya perkembangan perusahaan, informasi yang diberikan dengan menggunakan program akuntansi ini juga menghasilkan semua laporan perencanaan strategis secara efektif.

Program Akuntansi Yang Semakin Berkembang

Semakin berkembangnya dunia teknologi ini, banyak vendor yang bergerak di dunia informasi teknologi menawarkan berbagai jenis aplikasi akuntansi dengan hanya mendownload menggunakan media internet saja. Tetapi biasanya aplikasi akuntansi yang dapat di download melalui internet, hanya trial saja dan waktu trialnya pun sangat terbatas. Waktu trial aplikasi akuntansi ini biasanya hanya dapat digunakan hanya 7 hari dan yang paling lama hanya 1 bulan saja. Untuk menggunakan software akuntansi untuk sebuah perusahaan, ada baiknya untuk membeli program akuntansi tersebut dengan menjadi member dan sekaligus yang permanen.

Tips Membeli Program Akuntansi

Untuk membeli sebuah software akuntansi, ada faktor penting yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut :
  1. Solusi. Sebelum membeli aplikasi akuntansi ini, faktor solusi ini merupakan hal penting karena dengan membeli program akuntansi ini pasti akan menjawab semau masalah yang terjadi pada perusahaan khususnya bidang keuangan dalam hal ini dalam pembuatan sebuah laporan keuangan.
  2. Fitur Program Akuntansi. Pastikan fitur-fitur yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pastikan juga fitur dalam program akuntansi ini lengkap dan mudah untuk digunakan oleh setiap staff keuangan Anda. Apabila ada yang tidak sesuai, apakah ada jalan keluarnya? Bila ada jalan alternatif, apakah Anda bersedia untuk melakukan kompromi? Anda hanya perlu membandingkan vendor yang benar-benar bisa memberikan solusi yang pas.
  3. Harga Program Akuntasi. Harga adalah salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan, walaupun demikian, harga bukanlah faktor terpenting. Yang harus Anda hitung adalah manfaat yang akan Anda dapatkan. Terkadang walaupun harga murah, namun manfaat software akuntansi yang Anda dapatkan rendah, maka pada akhirnya Anda diharuskan mengeluarkan biaya tambahan lagi.
  4. Training Penggunaan Program Akuntansi. Hal ini juga harus diperhatikan, karena program akuntansi ini dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan dan skill bukan hanya akuntansi, tetapi juga komputer juga harus dikuasai agar dapat mempermudah. Biasanya para vendor ini akan memberikan paket training menggunakan program akuntansi ini, termasuk jika terjadi kerusakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Ini biasanya tim IT di perusahaan Anda akan diikutsertakan, agar dapat membantu staff keuangan dalam memperbaiki kesalahan dalam penggunaannya.
  5. Konsultasi Gratis. Ini adalah komponen termahal dari sebuah software akuntansi karena skalabilitasnya yang rendah dan membutuhkan ketrampilan yang tinggi. Cek jasa-jasa apa saja yang akan Anda terima. Kami memberikan konsultasi gratis melalui email, telepon, atau klien yang datang langsung ke kantor kami dan akan ditanggapi secara responsif oleh konsultan kami yang sudah berpengalaman.
  6. Garansi. Garansi apa yang diberikan. Adalah sangat lazim apabila vendor menawarkan garansi uang kembali apabila softwarenya tidak dapat berjalan baik di perusahaan anda. Perhatikan berapa lama jangka waktu garansi itu berlaku. Rata-rata kita baru bisa mengetahui software akuntansi itu berjalan lancar atau belum setelah 3 bulan. Cek juga apakah garansi uang kembali 100% atau ada embel-embel lainnya yang cenderung menjebak.
  7. Service. Service level adalah sebuah janji tingkat layanan yang akan diberikan oleh seorang vendor apabila ada masalah yang terjadi dengan software akuntansi yang Anda telah beli. Dalam hal ini kita membicarakan tentang masalah yang timbul karena kesalahan dari software. Tidak banyak vendor software yang berani memberikan Service Level yang pasti. Bila perlu, coba test dengan cara menelepon atau email ke vendor Anda. Lihat berapa responsifnya mereka.
  8. Maintenance. Apakah vendor memberikan layanan maintenance? Apakah maintenance tersebut berbayar/gratis? Sampai kapan? Apakah mereka bersedia untuk mengunjungi Anda? Poin ini juga sangat penting karena perusahaan Anda pasti akan sangat sibuk dan tidak sempat untuk keluar kantor 'hanya' untuk mengurusi software akuntansi yang ada masalah.
  9. Vendor. Pastikan Anda tahu siapa yang membuat. Apakah perusahaan atau perorangan. Perusahaan tentunya akan bisa lebih dipertanggungjawabkan daripada vendor yang perorangan. Dan perhatikan juga lama berdirinya vendor tersebut, karena semakin lama berdirinya vendor tersebut semakin banyak pengalaman yang mereka dapatkan, baik dari karyawan maupun client/customernya. Pada umumnya vendor yang sudah berdiri minimal 10 tahun sampai saat ini adalah vendor yang memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata customernya, sehingga mereka bisa beroperasi dan dipercaya hingga saat ini.
Dengan membeli program akuntansi dengan memperhatikan hal-hal di atas, ini akan membantu untuk mempermudah staff keuangan untuk membuat sebuah laporan keuangan dan pastinya akan lebih  mengetahui keadaan keuangan perusahaan Anda. apuy

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...