Tips Merencanakan Keuangan Keluarga

Tips Merencanakan Keuangan Keluarga

Posted by shinobi apuy on Monday, February 4, 2013


Merencanakan Keuangan Keluarga
Merencanakan keuangan keluarga sangatlah dianjurkan sejak dini wajib dilakukan. Perencanaan keuangan ini sangat pas dan cocok untuk pasangan muda yang baru menikah dan berencana mempunyai keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Bukan saja untuk pasangan baru, perencanaan keuangan ini bisa diperuntukkan pasangan yang sudah menikah di atas 10 tahun. Perencanaan keuangan keluarga ini dampak yang akan dirasakan dalam jangka waktu yang lama. Jenis perencanaan keuangan ini bisa seperti dana pendidikan anak mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan kuliah.

Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga

Dalam membuat sebuah rencana keuangan keluarga, sebaiknya dibuat secara sederhana tetapi harus rapi dalam penyusunannya. Mengapa demikian? karena dengan menyusuun rencana keuangan secara simpel dan mudah, semua anggota keluarga khususnya suami istri dapat menjalani semua perencanaan keuangan dengan baik sehingga semua tujuan keluarga dapat tercapai dengan baik dan berjalan dengan lancar.

Prinsip Dasar Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga

Namun tidak semua perencanaan keuangan keluarga tersebut dapat berhasi sesuai dengan tujuannya, karena banyak hal yang terjadi secara tidak terduga bahkan hal yang urgent dan harus segera di temukan jalan keluar agar dapat diselesaikan dengan cepat. Nah, ada beberapa prinsip dasar yang sangat berkaitan dengan cara mengatur dan membuat sebuah perencanaan keuangan keluarga diantaranya adalah

Belanja sesuai dengan kebutuhan.
Hal ini yang sangat sulit untuk di lakukan, karena banyak nya godaan dalam belanja yang mau tidak mau harus dibeli. Apalagi jika ada event sale atau promo diskon besar-besaran yang diadakan sebauh pusat perbelanjaan. Hal ini yang mendorong pasangan akan cenderung untuk membeli semua produk yang sedang promo tersebut. Jadi, belanja dengan bijak, jangan melebihi pendapatan. Anda akan hidup lebih bahagia, di rumah dan di tempat kerja.

Hindari hutang
Sekarang banyak masyarakat yang tergiur dengan sistem hutang yang banyak ditawarkan. Misalkan saja dalam mengangsur gadget, motor dengan menggunakan jasa leasing dan masih banyak lagi yang menyebabkan masayarakat lebih tertarik dengan pinjaman yang akhirnya dapat merusak perencanaan keuangan yang telah dibuat. Jadi, sebisa mungkin untuk menahan diri dari semua keinginan membeli sesuatu kecuali Anda sudah memiliki kemampuan. Kalau bisa menabung dahulu itu jauh lebih baik dari pada mengambil keputusan untuk hutang.

Hidup sederhana
Banyak pandangan yang mengartikan hidup sederhana ini hidup seadanya tanpa memiliki harta pribadi, tetapi arti sebenarnya hidup sederhana ini adalah hidup sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Tidak hanyak itu, hidup sederhana itu cenderung untuk membuat Anda lebih berfikir panjang jika menginginkan sesuatu.

Atur budget dengan sederhana
semua perencanaan keuangan yang telah dibuat menjadi berantakan, jika semua nya tidak sesuai dengan pendapatan bahkan lebih dari pendapatan Anda. Untuk pengaturan budget atau dana keuangan keluarga harus dimaksimalkan dan dibuat se efisien mungkin. Anda bisa berunding dengan istri atau suami anda dalam menentukan dana tertentu untuk sesuatu hal, dengan ini pengeluaran keluarga dapat terkontrol dengan baik.

Menabung lebih utama
Menabung itu merupakan salah satu media investasi yang baik dan manfaatnya akan dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Coba bayangkan jika sebauh keluarga tidak mempunyai tabungan sama sekali, ini akan membuat keluarga tersebut bingung dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya urgent.

Bayar tagihan sesegera mungkin
Setiap rumah tangga punya tagihan. Mulai dari listrik, air, telepon, internet dan berbagai tagihan lainnya. Termasuk jika Anda mengontrak rumah, Anda pun harus membayar sewa di muka. Bayarkan secepat mungkin setelah Anda menerima tagihan. Ini akan membuat satu urusan beres dan Anda tidak perlu pusing lagi membayarnya di kemudian hari. Baik karena kehabisan uang atau kelupaan.

Sepakat antara suami dan istri
Berbicara perencanaan keuangan keluarga tidak dapat lepas dari peran suami dan istri yang menjalankan rumah tangga. Untuk itu Anda perlu sepakat dengan pasangan bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Dalam setiap pasangan sangat wajar terjadi perbedaan pandangan dan cara melihat sesuatu yang dianggap penting atau tidak. Untuk itu, duduk bersama, bicarakan secara terbuka, dan buat kesepakatan dengan pasangan Anda. Istri harus mengerti kemampuan keuangan suami dan suami pun harus mengerti kebutuhan rumah tangga yang diatur istrinya.

Demikian sekedar informasi mengenai cara membuat perencanaan keluarga, semoga dapat bermanfaat. apuy

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...